Waspadai Penyebaran Hoax, Salah Satunya dengan Registrasi Kartu Perdana

oleh

Polres Trenggalek – Kanit Propam Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sulisno bersama beberapa anggota melaksanakan patroli ke sejumlah konter Handphone yang menjual kartu perdana, sambil menyampaikan himbauan agar setiap pembeli kartu perdana disarankan mendaftarkan atau meregistrasi kartu mereka untuk mencegah penyebaran berita Hoax. Rabu (20/03/2019).

Seperti yang diwajibkan oleh pemerintah bahwa setiap kartu perdana harus diregistrasi menggunakan nomer induk kependudukan dan kartu keluarga, hal ini dilakukan agar pelanggan seluler tidak menyalahgunakan nomor prabayar mereka.

Agar lebih efektif, kali ini proses registrasi dilengkapi dengan proses validasi, validasi dilakukan dengan mencocokan data yang dimasukan pengguna dengan data kependudukan yang ada di direktorat jenderal kependudukan dan catatan sipil.

Melalui peraturan menteri nomor 12 tahun 2016 tentang registrasi pelanggan jasa telekomunikasi, pemerintah meminta masyarakat mengirimkan data pribadi asli ke operator. Data tersebut meliputi NIK dan nomor kartu keluarga. Hal ini dilakukan untuk mencegah tindak terorisme sebab teroris kerap beroperasi dengan memanfaatkan kelonggaran pemeriksaan identitas saat registrasi awal kartu SIM.

Selain menangkal terorisme registrasi kartu perdana juga untuk mencegah serta mananggulangi hoax yang kerap terjadi saat ini, terutama menjalang Pileg dan Pilpres 2019.

“Mari kita dukung kebijakan pemerintah demi terciptanya pengguna kartu perdana yang bertanggung jawab dan bijaksana dalam bertindak, sopan dan santun serta cerdas dalam berkomunikasi di media sosial, serta pemberlakuan registrasi ulang menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) itu demi kepentingan masyarakat. Identitas ini akan sangat membantu pihak kepolisian apabila terjadi kasus seperti penipuan atau penghinaan yang dilakukan melalui nomor telepon seluler.” Ujar Kanit Propam Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sulisno.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.