Waspadai Jalanan Sepi, Tenang dan Perhatikan Cara Menguasainya

oleh

Polres Trenggalek – Patroli Polsek Kampak Polres Trenggalek yang dipimpin Ka SPK Aiptu Hendro Suyoto bersama 3 orang anggota menyisir jalan tembus di desa Bendoagung yang terkenal sepi dan kadang mengundang beberapa aksi kejahatan. Minggu (17/03/2019).

Saat menyisiri jalan tersebut Aiptu Hendro Suyoto menjumpai remaja putri yang tampak berhenti dipinggir jalan tembus desa Bendoagung, sejenak kendaraan patroli menghemtikan lajunya dan berbincang bincang dengan para remaja putri tersebut agar selalu waspada dan apabila akan berhenti selayaknya mencari tempat yang aman dan dekat dengan pemukiman penduduk.

Aksi kejahatan dijalan yang sepi seperti curas, begal, dan tindak asusila kerap terjadi, guna menangkal hal tersebut patroli Polsek Kampak melakukan upaya pencegahan dengan rutin melewati jalan jalan yang dinilai rawan aksi kejahatan.

Namun jika tanpa kita sadari aksi kejahatan tersebut menimpa kita maka tetap tenang dan lakukan langkah langkah berikut ini antara lain yang perlu menjadi prioritas kita pertama adalah keselamatan kita, kedua ingat-ingat dengan detail setiap pandangan yang mungkin bisa membantu untuk mengembalikan barang yang akan dirampok (mengingat perampok sekarang semakin sadis). Jangan terlalu panik/ terlihat panik. Panik/ terlihat panik bisa memicu tindakan brutal dari pelaku kejahatan (perampok/ pencuri), tenangkan diri anda dan amati kondisi. Jika kondisi tidak memungkinkan anda atasi maka lebih baik menyerahkan barang yang diinginkan. Ingat utamakan keselamatan, barang bisa dibeli tapi nyawa tidak. secepatnya ingat nomor panggilan darurat/ nomor polisi sehingga saat selesai perampokan nantinya bisa segera meminta bantuan dengan menelepon panggilan darurat. Kenali ciri-ciri pelaku saat harus menyerahkan barang misalnya; wajah, rambut, tangan/ ciri khusus seperti tato, baju, plat nomor pelaku jika memakai mobil. Segera telepon panggilan darurat atau polisi setelah mereka pergi, ungkapkan ciri-ciri pelaku untuk segera dicari oleh polisi. Jika menemui tindak kejahatan di jalan yang dialami orang lain maka segera lapor polisi agar tindak kejahatan tidak meraja lela dan membantu orang tersebut, jika pelaku kejahatan ditangkap otomatis menyelamatkan anda dikemudian hari saat melewati jalur tersebut.

“Semoga langkah langkah tersebut dapat menghindarkan diri kita semua dari aksi kejahatan, serta yang paling utama jaga keselamatan diri terlebih dahulu, barang bisa dibeli namun nyawa tidak bisa dibeli.” Ujar Ka SPK Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Hendro Suyoto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.