Upaya Kamtibmas Akan Terwujud Melalui Peran Bersama

oleh

Polres Trenggalek – Perbincangan Kamtibmas dilakukan Aiptu Sofpyan Kanit Sabhara Polsek Pule Polres Trenggalek yang pada saat itu melakukan kegiatan patroli dialogis, dengan warga Tanggaran yang juga dalam waktu ngopi di lokasi yang sama, Pada Jum’at malam ( 03/08 ). Berlokasi di warung Barokah, desa Tanggaran. Adanya upaya dalam menjaga situasi yang aman perlu kerjasama dengan warga terutama dilingkungan tempat tinggal, perlunya pengamanan lingkungan melalui swadaya masyarakat dalam menanggkal adanya kejadian kriminal dan pelanggaran.

 

Saat ini sistem keamanan lingkungan yang masih dipakai serta paling efisien adalah Pos Kamling , merupakan Sistem Keamanan Lingkungan yang di mana masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan. Pos Kamling dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan dan setiap anggota masyrakat yang menempati lingkungan tersebut wajib menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dengan menjalankan sistem piket yang di rotasi setiap malamnya.
 

” Kita sudah mengetahui bahwa ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Warga Negara, maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran kita akan kepedulian keamanan dan ketertiban lingkungan kita, selain dengan dengan meningkatkan kesadaran juga dengan melakukan tindakan langsung seperti mengikuti Sistem Keamanan Lingkungan yaitu Pos Kamling,” Kata Kanit patroli Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Sorpyan.
 

Lanjut Kanit Sabhara Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Sofpyan, Kesimpulan dari bahasan di atas adalah masyarakat memiliki peran aktif dalam meningkatkan ketertiban dan keamanan, peran masyarakat itu bisa dibangkitkan dengan cara kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat salah satunya dengan mengadakan sosialisasi Sistem Keamanan Lingkungan yang memberikan pedidikan dan kesadaran untuk peduli ketertiban dan keamanan lingkungan. Dengan sosialisasi ini juga akan membuat mereka mengerti kebutuhan pentingnya sistem keamanan lingkungan mereka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.