Sinergitas Tiga Pilar dalam Membantu Penanganan ODGJ di Desa Binaan

oleh

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Ngadimulyo  Polsek Kampak bersama Babinsa dan Kepala desa , petugas Dinsos Kabupaten Trenggalek dan perawat jiwa Puskesmas Kampak mendatangi laporan masyarakat bahwa terdapat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang masih belum mendapat penanganan layak di Desa binaan,Kamis (02/05/19).

Sudah menjadi perhatian bersama bahwa saat ini pemerintah sangat perhatian terhadap  orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Bahkan di kabupaten Trenggalek ini sudah dicanangkan program bebas pasung bagi penderita ODGJ , fasilitas kesehatan yang cukup memadai sudah disiapkan pemerintah daerah bagi para penyandang gangguan jiwa tersebut .

Terkait dengan hal tersebut, menindaklanjuti laporan dari warga tentang adanya salah satu warga desa binaan yang mengalami gangguan jiwa dan kurang mendapat perawatan layak atas nama saudari Yahmi umur 41 tahun  alamat Rt. 12 Rw. 02 Dusun Tanjung Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek   Bhabinkamtibmas Desa Ngadimulyo  Bripka Murtopo  bersama Babinsa, petugas Pol PP Kecamatan Kampak, Petugas Dinsos Trenggalek  dan perawat jiwa Puskesmas Kampak dengan sigap mendatangi laporan masyarakat tersebut.

Bentuk penanganan yang dilakukan yaitu melakukan pendekatan dengan ODGJ tersebut meminta dengan halus agar mau dibawa ke RSUD dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek untuk dilakukan perawatan medis. Selanjutnya setelah ODGJ tersebut bersedia dibawa, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Pol PP Kecamatan Kampak melakukan pengawalan guna memastikan kelancaran ODGJ saat dibawa ke RSUD dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek .

Tak ayal sinergitas yang ditunjukkan abdi Negara tersebut mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat yang telah dibantu , sehingga lingkungan warga menjadi aman dan kondusif.

“Ibu Yahmi sangat koopertif setelah dipakaikan baju yang layak, kami bawa ke RSUD dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek guna mendapatkan perawatan medis lebih lanjut ” ujar Bripka  Murtopo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.