Saling Berbagi Kebahagiaan, Berqurban Jadi Jalan Ketaqwaan

oleh

Polres Trenggalek – Patroli Polsek Kampak Polres Trenggalek yang dipimpin Kanit Sabhara Ipda Samsul Hadi bersama beberapa anggota menuju Polres Trenggalek guna pengambilan daging qurban untuk diserahkan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Kampak. Rabu (22/08/2018).

Hari raya Idul Adha merupakan salah satu agenda besar umat Islam yang mana ditunggu kehadirannya oleh setiap muslim di dunia ini. Hari raya tersebut selain dijadikan kesempatan untuk menjalin silaturrahmi juga merupakan hari dimana dijadikan kesempatan untuk saling berbagi, yaitu dengan adanya penyembelihan hewan kurban. Lalu bagaimanakah baiknya memberikan daging kurban dalam bentuk matang atau mentah?

Menyembelih hewan kurban hukumnya Sunnah kifayah, dan sebagian ulama ada yang mewajibkannya (fardhu ‘ain), mengenai pembagian dagingnya, baik dalam keadaan dimasak atau mentah boleh keduanya, dan disyari’atkan agar yang berkurban memakan sebagian dari kurbannya, menghadiahkannya (kepada kerabat atau tetangga dll) serta bersedekah. (Maksudnya agar daging hewan kurban tersebut, dibagi menjadi tiga bagian: pertama untuk dimakan oleh yang berqurban, kedua dibagikan kepada kerabat, tetangga atau kenalan dan ketiga untuk kaum fakir miskin. Dijelaskan pula bawa membagi daging dalam keadaan mentah atau matang diperbolehkan agar dapat dimanfaatkan oleh orang lain terutama yang kekurangan.

“Semoga daging qurban ini bermanfaat bagi yang menerima serta membawa jalan ketaqwaan bagi para muslimin atau muslimat yang berqurban, serta semoga Allah melimpahkan Rahmatnya ke keluarga besar Polres Trenggalek, amin.” Ujar Kanit Sabhara Polsek Kampak Polres Trenggalek Ipda Samsul Hadi

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.