Polsek Munjungan : Problem Solving Pembobolan Akun FB Warga Desa Bendoroto

oleh

Polres Trenggalek – Mulutmu adalah harimaumu, mungkin peribahasa tersebut tidaklah asing lagi terdengar ditelinga kita, Namun diera digital seperti saat ini peribahasa tersebut mungkin telah bermetamorfosa menjadi Jarimu Harimaumu. Dan mungkin ada benarnya, dengan peribahasa tersebut mengingatkan ada banyaknya Masyarakat yang terjerat masalah hukum karena cuitanya yang tidak mengedepankan etika dalam bersosial media. Media yang dalam penggunaanya sebagai sarana dalam mengekpresikan uneg-uneg terkadang malah justru membawa dampak yang buruk bagi diri kita sendiri, itupun dikarenakan kurang hati-hatinya kita dalam menjaga privasi terhadap akun kita dan mungkin juga karena kurang hati-hatinya dalam menjaga etika pada saat menggunakan Media sosisial.

Seperti halnya yang telah dilakukan oleh jajaran Kepolisian Sektor Munjungan-Polres Trenggalek. Menemukan berita yang tidak sedap beredar dimedia sosisial facebook (FB) dengan pemilik account/akun Yusiati (YUSSI) yang berisi ujaran yang tidak pantas, Polsek Munjungan melalui Bhabinkamtibmasnya langsung mengklarifikasi kepada pemilik akun tersebut. Dan kemudian pada sabtu  (19/05/2018) pagi, pemilik akun Yusiati dengan didampingi Kepala Desanya datang ke Polsek Munjungan dan menjelaskan bahwa dirinya tidak pernah menulis dan tidak pernah melakukan tindakan yg bersifat/berisi ujaran kebencian atau pelecehan terhadap siapapun seperti yang ada dalam screnshot aku FB miliknya tersebut. ” Saya hanyalah wanita biasa sebagai pengurus rumah tangga yang tidak punya tendensi apapun untuk membuat diri saya viral atau terkenal. Demi Allah saya tidak menulis status atau apapun yang berisi ujaran pelecehan tersebut, dan justru saya masih bingung kenapa ini bisa terjadi pada FB saya, ujar Yusiati “

Yusiati juga menerangkan bahwa dirinya mengetahui hal tersebut dari banyak orang yang meng-inbox nya dan memperingatkanya, namun Yusiati bingung karena Ia tidak merasa menuliskan hal tersebut, sampai akhirnya dirinya menyampaikan hal tersebut kepada Kepala Desa Bendoroto bapak Khusairi dan kemudian bersama dengan Bhabinkamtibmasnya Ia dibawa ke Polsek Munjungan untuk dimintai keterangan.

Kapolsek Munjungan melalui Kanit Reskrimnya Ipda Cikini menjelaskan bahwa benar Unitnya telah melakukan penyelidikan dan menginterogasi saudara Yusiati terkait beredarnya screnshot yang menuliskan ujaran pelecehan di akun FB milik Yusiati, dan dari hasil penyelidikan serta pemeriksaan dapat disimpulkan, dugaan sementara bahwa Akun milik Yusiati tersebut telah disalah gunakan orang lain dan masih dalam penyelidikan. “Semoga Masyarakat tidak terprovokasi dengan adanya berita tersebut, agar semua lebih berhati-hati lagi menjaga keamanan informasi dan privasi terhadap Media sosial yang kita miliki, terutama Email kita, nomor telephon kita harus benar-benar terjaga keamananya” pungkas Ipda Cikini. (Red /AA)

No More Posts Available.

No more pages to load.