Polres Trenggalek Latih Personel Rutan Trenggalek Kemampuan Dalmas

oleh

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek memberikan pelatihan pengendalian massa (Dalmas) kepada puluhan personel dan Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Trenggalek. Selasa, (24/5).

Pembinaan dan pelatihan ini merupakan upaya dalam rangka meningkatkan kompetensi personel serta membangun sinergitas antara Polri dengan Rutan Trenggalek.

Mengambil tempat dihalaman Rutan yang memang cukup luas, puluhan personel setingkat peleton (SST) tersebut diberikan materi dasar pengendalian massa baik secara teori maupun praktik.

Kasatsamapta Polres Trenggalek AKP Supadi, S.H. yang bertindak selaku instruktur utama didampingi Kepala Rutan Kelas II B Trenggalek Dadang Rais Saputra menyampaikan bahwa profesi Sipir seringkali dihadapkan pada kondisi yang harus mengambil tindakan tegas terukur. Salah satunya adalah pengendalian massa saat terjadi chaos.

“Pelatihan ini sangat penting sebagai bagian dari kompetensi yang harus dimiliki oleh personel Rutan. Jika terjadi sesuatu, sudah siap dengan langkah-langkah yang harus dilakukan.” Ujar AKP Supadi.

Dalam pelatihan tersebut lanjut AKP Supadi, para peserta dikenalkan dengan sejumlah perangkat pendukung diantaranya tambang untuk menyekat massa, tongkat dan tameng hingga formasi memecah massa.

Tak sekadar teori, peserta juga bisa mengikuti praktik penggunaan alat. Sebagian peserta bertugas sebagai pengendali dan sisanya bertindak sebagai massa. Hal ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kekuatan dan efektivitas formasi dengan tetap menjaga keselamatan diri.

“Latihan tidak bisa satu hari jadi. Target hari ini adalah pengenalan dan nanti akan ada latihan lanjutan agar lebih memahami tugas satu sama lain.” Imbuhnya.

Artikel Polres Trenggalek Latih Personel Rutan Trenggalek Kemampuan Dalmas pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.