Personel Patroli dan Bhabinkamtibmas Sambang Kantor Pemerintah Desa Cakul

oleh

Polres Trenggalek – Personel Patroli Polsek Dongko Polres Trenggalek bersama Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Cakul Polsek Dongko Polres Trenggalek Bripka Dian Wisnu pada siang hari ini lakukan sambang ke kantor pemerintah Desa Cakul. Rabu (11/12)

Disana, personel patroli Polsek Dongko Polres Trenggalek bersama Bhabinkamtibmas Desa Cakul bertemu dengan Kepala Desa saudara Marsum dan perangkat Desa lainnya.

Dari kegiatan tersebut, tampak dengan suasana santai antara Polisi dan pihak pemerintah Desa Cakul berbincang-bincang  juga bertukar informasi seputar masalah keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Desa Cakul.

Setelah dirasa cukup, kemudian petugas patroli dan Bhabinkamtibmas berpamitan untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.

Ditemui, Bripka Dian Wisnu mengatakan, dengan ikut keluar kantor bersama petugas patroli maka kami bisa menyapa dan dialogis sekaligus berbincang-bincang dengan masyarakat serta menjangkau wilayah hukum.

“Dengan ini, saya selaku Bhabinkamtibmas Desa Cakul Polsek Dongko Polres Trenggalek yang baru,bisa lebih mengerti dan mengenal karakteristik di Desa Cakul dan juga terkait permasalahan yang ada di wilayah binaan,” kata Bripka Dian Wisnu.

Sementara Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., menambahkan, dengan dialogis bersama masyarakat maka Bhabinkamtibmas bisa lebih dekat dan juga memperoleh informasi lebih banyak dari masyarakat mengenai perkembangan situasi.

“Yang paling utama adalah bisa mendengar keluh kesah masyarakat terkait kamtibmas, selain itu Bhabinkamtibmas dapat menjalin kemitraan yang efektif dalam menciptakan situasi kamtibmas yang mantap,” tambah Tri Basuki.

Lebih lanjut beliau menuturkan, Bhabinkamtibmas sebagai miniatur Polri di tingkat Desa tidak lah mudah. Seorang Bhabinkamtibmas harus mampu berperan sebagai dinamisator, inisiator bahkan problem solver terhadap segala permasalahan yang ada di desa. Untuk itu Bhabinkamtibmas harus selalu hadir di tengahnya sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap masyakarat.

“Dalam tugas pokoknya Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi/negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa binaan, juga berperan sebagai dinamisator, inisiator bahkan problem solver terhadap segala permasalahan yang ada di desa binaan,” tutur AKP Tri Basuki

Maka sudah sepatutnya jika Bhabinkamtibmas keluar kantor dan bisa ikut patrolu untuk bisa hadir ditengah-tengah masyarakat binaan guna bersama mengamankan wilayah agar senantiasa kondusif, tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.