Patroli Motor Satshabara Polres Trenggalek

oleh

Polres Trenggalek – Memelihara Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu tugas pokok Kepolisian selaku pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat. Dalam prosesnya, Kepolisian menggunakan 3 pola yang mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat yakni preemtif, preventif dan represif.

Satsabhara Polres Trenggalek sebagai salah satu fungsio Kepolisian yang memiliki cakupan tugas pencegahan gangguan Kamtibmas kerap kali kita jumpai melakukan patroli baik jalan kaki, bersepeda, maupun menggunakan kendaraan bermotor. Tujuannya adalah memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Satsabhara juga memiliki regu patroli yang dalam kesehariannya menggunakan kendaraan sepeda motor. Para personel yang reltif masih berusia muda ini, bertugas melakukan patroli berkeliling pada titik-titik padat aktivitas, obvit maupun provit serta pengamanan jika terdapat kegiatan yang menyedot perhatian masyarakat banyak.

Seperti yang terlihat siang ini. Dengan menggunakan sepeda motor, belasan personel Satsabhara ini tertangkap kamera sedang melaksanakan patroli di seputaran terminal bus Surodakan Trenggalek. Tak hanya bersiffat stationer, mereka juga terlihat berbincang dengan para penumpang atau pun kru bus.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. menegaskan, upaya preventif tersebut dilaksanakan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam beraktivitas serta meminimalisir gangguan Kamtibmas seperti pemerasan, pencurian hingga kejahatan jalanan lainnya.

“Sasaran patroli mengacu pada hasil analisa dan evaluasi berdasarkan beberapa indikator seperti crime index, crime rate, crime clock dan lain-lain sehingga patroli yang dilaksanakan benar-benar berdampak pada cipta kondisi yang aman dan kondusif” Jelas AKBP Jean Calvijn.

Selain itu, lanjut AKBP Jean Calvijn, dalam pelaksanaan patroli harus berpedoman pada SOP yang telah ditetapkan termasuk dalam penggunaan perkuatan serta perangkat pendukung lainnya.

“Kita kedepankan sikap humanis tanpa mengurangi ketegasan sebagai seorang aparatur Kepolisian.” Pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.