Mengenal Lebih Dekat Kapolres Trenggalek yang Baru, AKBP Gathut Bowo Supriyono

Polres Trenggalek – Terhitung sejak tanggal 28 Juli 2023 yang lalu, AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. resmi menjabat sebagai Kapolres Trenggalek menggantikan AKBP Alith Alarino, S.I.K. yang beralih tugas sebagai Wadirpamobvit Polda Metro Jaya.

Prosesi serah terima jabatan itu sendiri dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Toni Harmanto, M.H. di Gedung Mahameru Mapolda Jatim bersama sejumlah pejabat utama Polda Jatim dan Kapolres jajaran lainnya tanggal 26 Juli 2023 yang lalu.

Sedangkan prosesi laporan satuan (Lapsat) dan Apel Kesatuan digelar satu hari yang lalu dan iikuti oleh pejabat utama dan seluruh anggota Polres Trenggalek dilanjutkan pisah sambut yang dihadiri jajaran Forkopimda dan sejumlah tamu undangan lainnya di pendopo Manggala Praja Nugraha, Kabupaten Trenggalek

AKBP Gathut mengawali karir di Kepolisian melalui jalur Akademi Kepolisian (Akpol) dan dinyatakan lulus tahun 2003. Jebolan SMA Negeri 1 Kertosono ini kemudan ditugaskan di Polres Majalengka Polda Jabar. Berselang satu tahun kemudian bergeser ke Polres Indramayu dan menjabat sebagai Kanit 1 Satreskrim.

Selama berkarir di Kepolisian perwira menengah yang merupakan alumni Pasca Sarjana Universitas Diponegoro ini lebih banyak berkecimpung di bidang lalu lintas. Beberapa jabatan strategis pernah diembannya.

Tahun 2011, seorang AKBP Gathut yang saat itu masih berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) dipercaya menjabat sebagai Kanit Siturjawali Subditbingakkum Ditlantas Polda Jatim. Kemudian, atas prestasinya mendapat promosi jabatan sebagai Kasatlantas Polres Ngawi hingga Kapolsek Sawahan Polrestabes Surabaya dan berlanjut sebagai Kasigar Subdibingakkum Ditlantas Polda Jatim, KasiSTNK Subditregident Ditlantas Polda Jatim.

Tahun 2017, AKBP Gathut berpindah tugas sebagai Kasubbagrenmin dan KasiBPKB Ditlantas Polda Aceh. Namum tak berselang lama kembali ke Jawa Timur sebagai Kabagbinopsnal Ditlantas dan terakhir menjabat sebagai Kasubditgakkum Ditlantas Polda Jatim.

Dengan segudang pengalaman, prestasi dan berbagai jabatan strategis yang pernah disandangnya, maka tak heran jika kemudian AKBP Gathut dipercaya menjabat sebagai Kapolres Trenggalek Polda Jawa Timur.

Subur, adem dan masyarakat yang ramah. Itulah kesan AKBP Gathut saat pertama kali menginjakkan kaki di Bumi Menak Sopal. Sebagai orang asli Jawa Timur yang lahir di Jombang, AKBP Gathut tentu sangat memahami karakter, adat istiadat masyarakat Jawa Timur khususnya Kabupaten Trenggalek yang masih lekat dengan budaya Mataraman.

Oleh sebab itu, dalam arahan perdananya kepada anggota dan jajarannya, AKBP Gathut menegaskan akan mengedepankan membangun komunikasi intens dengan berbagai elemen masyarakat dalam pengelolaan Kamtibmas wilayah.

Menurutnya, mendekatkan diri dengan masyarakat melalui metode preentif dan preventif humanis dibarengi dengan penegakan hukum yang tegas, profesional dan berkeadilan serta menghadirkan polisi di tengah masyarakat yang didasari keakraban dan komunikasi yang harmonis merupakan salah satu strategi efektif dalam mengelola Kamtibmas yang kondusif.

Strategi lainnya yang akan diambil adalah meningkatkan kesolidan baik internal maupun eksternal. Hal ini sangat penting agar kerjasama, koordinasi dan kolaborasi dengan stakeholder lainnya bisa berjalan dengan baik sehingga upaya Harkamtibmas yang tergelar bisa lebih optimal.

No More Posts Available.

No more pages to load.