Lindungi Konsumen Hindari Jual Daging Ayam Tiren

oleh

Polres Trenggalek – ” Utamakan dalam mencukupi kepuasan konsumen agar para pedagang khususnya yang menjual daging ayam memperhatikan kesegaran barang yang dijual, hindari menjual ayam tiren, ” pesan yang disampaikan Bripka Andik Setiawan Personel Polsek Pule Polres Trenggalek dengan jaket warna cream dan kaos hijau didalamnya tidal lupa tas hand phone selalu melekat dibadanya, saat berada dilokasi pasar Jajar, desa Sidomulyo, kecamatan Pule Trenggalek pada Rabu ( 6/03 ).

 

Upaya dalam memenuhi kebutuhan kesehatan juga harus diperhatikan pedagang kepada konsumen dengan tidak mengutamakan untung yang banyak, akan tetapi tetap menjaga kwalitas barang yang dijualnya sehat.

 

Daging ayam memang menjadi makanan yang banyak di buru di wilayah Pule, dengan banyaknya konsumen yang membeli pedagang diharapkan tidak menggunakan ayam Tiren sebagi bahan baku satenya. Tiren adalah singkatan dari Mati Kemaren. Istilah ini diberikan pada ayam yan sudah mati dalam pengangkutan akibat transportasi, atau ayam yang telah mati dari kandang yang kemudian tetap dipotong dan dijual.

 

Ciri-ciri ayam tiren antara lain sebagai berikut:, Warna tidak cerah, pucat, kebiruan, merah, Warna kulit karkas bercak-bercak darah pada bagian kepala, leher, punggung, sayap dan dada, Bau menyengat,agak anyir/amis, terkadang berbau darah/busuk. “ Kalau dipegang konsistensi otot dada dan paha lembek, Pembuluh darah di daerah leher dan sayap penuh darah dan Bagian dalam karkas dan serabut otot berwana kemerahan,” kata personel Polsek Pule Polres Trenggalek dalam menentukan ayam Tiren.

 

Ayam tiren atau dikenal dengan kepanjangan ayam mati kemarin. Dari segi perdagangan memang merugikan pihak Konsumen. Karena ayam yang mati memang tidak layak untuk dikonsumsi oleh manusia, tetapi dengan adanya oknum pedagang yang nakal mereka berusaha tetap menjual ayam tiren dengan harga yang murah tanpa memperdulikan bahayanya ayam tiren itu apabila dikonsumsi oleh manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.