Langkah Preventif Polres Trenggalek Antisipasi Banjir Rob

oleh

Polres Trenggalek – Menyikapi terjadinya banjir Rob di wilayah pesisir utara Jawa tepatnya di kota Semarang Jawa Tengah beberapa hari lalu membuat jajaran Polres Trenggalek khususnya yang memiliki wilayah laut seperti Watulimo, Panggul dan Munjungan meningkatkan kewaspadaan.

Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto mengatakan, kepolisian mengintensifkan patroli pesisir untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan Kamtibmas maupun bencana alam seperti halnya banjir Rob.

Sejumlah personel patroli dikerahkan untuk memantau perkembangan situasi dan kondisi cuaca yang memang akhir-akhir ini kurang bersahabat. Tahun lalu, banjir rob sempat menerjang wilayah pesisir selatan pulau jawa. Termasuk diantaranya adalah pesisir Trenggalek.

“Beberapa langkah yang telah kita lakukan antara lain koordinasi dengan pihak terkait seperti syahbandar, Pos TNI AL dan Polair kemudian juga BPBD. Selain itu kita sosialisasikan mitigasi bencana untuk mengurangi potensi korban.” Ujar Iptu Suswanto.

Iptu Suswanto menuturkan, wilayah pesisir Kabupaten Trenggalek yang berhadapan langsung dengan samudra hindia ini tak luput dari potensi Rob. Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang berdomisili di dekat area pantai serta para nelayan lebih berhati-hati dan waspada.

Dilansir dari beberapa sumber, Rob adalah persitiwa alam berupa banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada daratan. Rob itu sendiri bisa terjadi karena beberapa hal diantaranya kenaikan muka air laut yang disebabkan oleh pasang surut air laut, dorongan air, angin, atau swell maupun Badai di laut. Akibat dari banjir rob tersebut dapat mengubah fisik lingkungan dan tentunya kerugian ekonomi bagi masyarakat.

Artikel Langkah Preventif Polres Trenggalek Antisipasi Banjir Rob pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.