Kita Sepakat Zero Narkoba di Kalangan Anak Sekolah

oleh

Polres Trenggalek – Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi, SH saat bertemu dengan para stakeholder yang ada di wilayah Pule dari berbagai kalangan pendidikan, pemerintahan dan militer dilokasi pertemuan SMP 1 Pule saat sebelum pelaksanaan Purnawiyata yang akan dilkasanakan pada Rabu ( 09/05 ). Dalam kegiatan pertemuan tersebut dari pihak kepolisian dan pendidikan menyatakan pencegahan terhadap masuknya Narkoba di kalangan anak sekolah.

 

 

Dalam penuturanya, Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi mengatakan, Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sudah merupakan sebuah fenomena global yang sangat menakutkan dan sangat membahayakan bagi bangsa dan Negara. Dampak buruk penggunaan narkoba ini juga sudah menyentuh hampir ke seluruh masyarakat di semua golongan, bahkan narkoba ini perkembangannya sudah merambah ke segala tempat bahkan telah sampai di sekolah – sekolah baik SD,SLTP, SLTA dan juga di perguruan tingi.

 

 

” Kalau kondisi ini berlanjut akibatnya adalah menurunnya kualitas generasi muda yang berarti akan mengurangi asset bangsa,” penuturanya lebih lanjut.

 

 

Kondisi ini tentu merupakan masalah bagi remaja dan orang tua. Untuk itu prasyarat utama untuk terhindar dari narkoba adalah dengan cara “ mencegah “.

 

 

Narkoba (narkotika dan obat-obatan berbahaya) biasanya juga disebut Napza (Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif).
Narkotika adalah Zat/obat yg berasal dari tanaman atau bukan tanaman (sintetis maupun semi sintetis) yang menyebabkan penurunan/perobahan kesadaran, hilangnya rasa dan juga rasa sakit serta dapat menimbulkan ketergantungan, dan Psikotropika Yaitu Zat/obat baik alamiah maupun sintetis (bukan narkotika), yang mempengaruhi syaraf pusat menyebabkan perobahan pada aktivitas mental dan perilaku.

 

 

Sedangkan Zat adiktif yaitu Yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman (sentetis maupun semi sintetis) yang menyebabkan ketergantungan dan menurunkan susunan syaraf pusat. Berbagai jenis Narkotika diantaranya yaitu Opioid (Opiad), Kokain, Kanabis/ganja/hemp/chasra/cimenk, heroin/putouw, metadon, morfin, barbiturat, dls. Sedangkan Psikotropika biasanya berjenis ; Sabu–sabu, sedatif/hipnotik, ekstasi, nipam, speed, demoral, angel dust dan lainya.

 

 

Selain itu, yang disampaikan Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi Zat Adiktif lainnya yang berjenis antara lain; alkohol, nikotin, kafein, zat desainer (speed ball,pace pill, cristal, angel dustrocket fuel), disamping masih terdapat zat-zat sejenis lainnya yang sangat membahayakan, dan dapat menimbulkan kecanduan/ketergantungan. Dan saat ini jenis serta bentuk narkoba tersebut sudah sangat jauh berkembang dan berfariatif dengan berbagai kemasan yang sangat menarik dan menyesatkan.

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.