Kapolsek Bertindak Selaku Inspektur Upacara Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila

oleh

Polres Trenggalek – Guna untuk meneguhkan kembali semangat dan jiwa Pancasila, Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Wardjito, SH bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2019 diwilayah Suruh Bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Suruh. Sabtu (01/06)

Upacara peringatan hari lahir Pancasila tersebut juga dihadiri oleh Camat Suruh Drs Agus Utoyo, Danposramil Suruh Letda Inf Sutopo, Para Kepala Instansi se Kecamatan Suruh beserta staf, Kepala Sekolah dari tingkat SD/MI, SMP, dan SMK di Kecamatan Suruh serta para Guru dan Siswa siswi, Kepala Desa dan Perangkat Desa Se Kecamatan Suruh serta Ormas yang ada diwilayah Kecamatan Suruh.

Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Wardjito, SH yang bertindak selaku Inspektur Upacara dalam kesempatan itu membacakan amanat dari Kepala BPIP RI dan menegaskan bahwa Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, kondisi wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan Tanah Air Indonesia.

“Berkat Pancasila, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah, Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika,” Kata Kapolsek Suruh AKP Wardjito

“Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Budaya politik yang tidak menimbulkan ketakutan. Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa dengan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,” tuturnya.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita Pancasila,” sambung

Setelah kegiatan Upacara, Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Wardjito, SH saat dikonfirmasi mengatakan bahwa untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini, dibutuhkan kerja keras secara bersama sama yang berlandaskan Pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita. Sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

“Kita semua, tentu ingin membangun bangsa yang berperadaban unggul, yang salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukkan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, Pancasila menjadi sistem nilai yang hidup,” jelas Kapolsek Suruh AKP Wardjito, SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.