Kapolres Trenggalek Pimpin Latpraops Lilin Semeru 2023

Polres Trenggalek – Dalam waktu dekat, Kepolisian Resort Trenggalek akan menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi `Lilin Semeru 2023` dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sebagai wujud kesiapan dan persiapan, baik personel, cara bertindak maupun sarana prasarana pendukung, Polres Trenggalek menggelar Latihan Pra Operasi atau Latpraops Lilin Semeru 2023 yang diikuti oleh segenap personel yang terlibat di Rupatama Mapolres. Selasa, (19/12).

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. selaku Kaopsres saat memimpin jalannya Latpraops mengungkapkan, Operasi ini mengedepankan kegiatan berupa pencegahan didukung dengan langkah deteksi dan penegakan hukum sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan aman, selamat, tertib dan lancar.

“Operasi dilaksanakan selama 12 hari, dimulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024.” Jelasnya.

Sedangkan personel yang dilibatkan dalam operasi ini mencapai 110 personel yang terbagi dalam enam Satgas antara lain, Satgas preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Gakkum, Satgas Humas dan Satgas Banops.

Dalam kesempatan tersebut dipaparkan pula beberapa titik yang dinilai memiliki kerawanan kecelakaan lalu lintas terutama pada jalur Kecamatan Tugu, Kota Trenggalek, Durenan, Watulimo dan Munjungan. Sedangkan untuk area blackspot berada di jalan nasional tepatnya di Jalan Raya Trenggalek-Tulungagung KM 172-173 masuk Desa Kendalrejo Kecamatan Durenan.

“Lakukan upaya-upaya baik preemtif maupun preventif untuk menekan terjadinya pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.” Imbuhnya.

Selain itu, fokus pengamanan juga diarahkan pada sejumlah sejumlah gereja dan rumah ibadah yang menggelar perayaan Natal serta destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek terutama destinasi wisata di wilayah pesisir Watulimo.

Sedangkan khusus malam tahun baru, untuk mengurangi penumpukan massa, Polres Trenggalek akan lakukan rekayasa lalu lintas di seputaran kota Trenggalek dengan menutup total jalan Panglima Sudirman, jalan Ahmad Yani dan lingkar alun-alun.

Guna mendukung jalannya operasi, menurut rencana Polres Trenggalek akan mendirikan sedikitnya 3 pos pengamanan dan pelayanan Nataru yakni di Pasar Pon Trenggalek, Durenan dan Watulimo. Dengan melibatkan sedikitnya 235 personel yang terdiri dari 85 anggota Polri dan 150 personel gabungan instansi terkait.

“Apel Gelar Pasukan akan kita laksanakan pada tanggal 21 Desember 2023.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.