Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama Dalam Situasi Saat Ini

oleh

Polres Trenggalek – Azis, ( 45 ), salah satu warga kubu timur, desa ragung, kecamatan pangerangan salah satu warga yang diajak berdialogis dengan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Brigadir Yohan Ikbal di lokasi TPS Pilbup ulang Kabupaten Sampang pada Sabtu ( 27/10/2018 ). Menghimbau baginya merupakan kewajiban personel Polri dalam menjaga adanya keamanan dan ketertiban dimanapun berada, seperti saat ini yang dilakukanya meakipun diwilayah hukum Polres lain sifat itu terbawa dalam kegiatan BKO di Polres Sampang.

 

Disampaikanya kepada warga melalui kegiatan dialogis, adanya situasi yang aman dalam kehidupan sosial beragama, tidak lepas dari adanya kerukunan yang tetap terbina. Dengan menghilangkan beberapa faktor yang bisa menghambat adanya kerukunan.

 

Faktor penghambat kerukunan hidup beragama antara lain yang perlu dihindark adanya sikap fanatisme dangkal, sikap kurang bersahabat, cara-cara agresif dalam dakwah agama yang ditujukan kepada orang yang telah beragama, – pendirian tempat ibadah tanpa mengindahkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Lebih lanjut dalam penyampaian Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Brigadir Yohan, pengaburan nilai-nilai ajaran agama antara suatu agama dengan agama lain dampak dari munculnya berbagai sekte dan faham keagamaan kurangnya memahami ajaran agama dan peraturan Pemerintah dalam hal kehidupan beragama.

 

” Faktor pendukung kerukunan hidup beragama antara lain adanya sifat bangsa Indonesia yang religius, memiliki nilai-nilai luhur budaya yang telah berakar dalam masyarakat seperti gotong royong, saling hormat menghormati ,itu yang harus tetap dibina, ” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Brigadir Yohan.

 

Selain itu, kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya di kalangan intern umat beragama, antar umat beragama dan antara umat beragama dengan Pemerintah. Harus adanya keseimbangan hukum yang mengarahkan kepada terciptanya suatu masyarakat yang aman dan kondusif.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.