Didepan Ratusan Mahasiswa Polkesma, Kapolres Trenggalek Bagikan Tips Kepemimpinan Efektif

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. berkenan menjadi salah satu nara sumber dalam acara seminar kemahasiswaan yang mengambil tema ` Bangkitkan Semangat, Ciptakan Jiwa Kepemimpinan Pada Generasi Muda`. Rabu, (27/9).

Dalam acara yang digelar di aula Poltekkes Kemenkes Malang Prodi D3 Keperawatan Kampus Kabupaten Trenggalek dan diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai tingkat tersebut, AKBP Gathut menyampaikan berbagai hal terkait dengan pengelolaan Kamtibmas.

AKBP Gathut memaparkan bagiamana trigatra yang terdiri dari demografi, geografi dan sumberdaya alam serta panca gatra yakni ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan menjadi faktor penting dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif.

“Generasi muda harus memahami ini sehingga tumbuh pola pikir kritis dalam menyikapi setiap perkembangan dan dinamika yang ada.” Ujarnya.

Pihaknya menambahkan, Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek telah bekerja keras dan bersinergi dengan berbagai lembaga maupun elemen masyarakat, tak terkecuali kalangan mahasiswa untuk mewujudkan Kabupaten Trenggalek yang senantiasa aman dan nyaman.

“Rasio polisi dengan masyarakat di Trenggalek saat ini masih dikisaran 1 : 1.13, artinya 1 orang polisi harus melayani 1.131 orang, masih jauh dari kata ideal. Oleh sebab itu, kami tidak bisa bekerja sendiri. Diperlukan dukungan dan pern serta dari seluruh masyarakat termasuk para mahasiswa.” Imbuhnya.

Selain tentang Kamtibmas, dalam kesempatan tersebut AKBP Gathut juga memberikan pembekalan tentang manajemen kepemimpinan. Menurutnya, skill kepemimpinan ini menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa.

Pihaknya menambahkan, leadership dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kecerdasan dan bisa menjadi contoh tauladan, kedewasaan dan keluasan dalam hubungan sosial, emosi yang stabil, motivasi diri dan dorongan berprestasiserta sikap menghargai anggota

“Dan yang paling penting adalah seorang pemimpin harus mampu mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat.” Tambahnya.

Sementara itu, Ka Prodi DIII Keperawatan Polkesma Malang Kampus V Trenggalek Ners Rahayu Niningasih, S.Kep, M.Kes. mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Trenggalek khususnya Kapolres yang telah hadir dan berkenan menjadi nara sumber di acara tersebut.

“Manfaatkan seminar ini dengan sebaik-baiknya. Gali ilmu sebanyak-banyaknya dari nara sumber.” Pungkasnya.

Pihaknya mengatakan, bahwa peserta seminar kemahasiswaan ini merupakan mahasiswa dari tingkat 1, 2 dan 3. Kegiatan itu sendiri secara keseluruhan disiapkan dan dilaksanakan oleh mahasiswa secara mandiri.

No More Posts Available.

No more pages to load.