Dengan Alat Sederhana Aparat Gabungan Padamkan Api

oleh

Polres Trenggalek – Kebakaran hutan pinus kembali terjadi di hutan Daren Desa Suruh Kecamatan Suruh pada siang ini. Kencangnya tiupan angin membuat api sulit untuk dipadamkan hingga semaki meluas

Menurut keterangan dari Azis salah satu saksi mata menyampaikan bahwa api mulai tampak di hutan produksi milik Perhutani tepatnya di petak 59 A – 1 Blok Daren RPH Tugu BKPH Karangan KPH Kediri. Minggu (10/11) siang. Api tambah membesar seiring kencangnya tiupan angin.

Sulitnya medan menghambat proses pemadaman. Tim gabungan yang terdiri dari Personil Polsek Suruh Polres Trenggalek, Personil dari Posramil Suruh, Personil dari Perhutani, Personil dari Rapi Desa Suruh, warga desa dan unsur lainnya berjibaku memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Sementara itu, Kapolsek Suruh Polres Trenggalek Kompol Wardjito, S.H saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa lokasi kebakaran hutan berada dilereng bukit sehingga menyulitkan petugas untuk memadamkan api ditambah lagi tidak adanya peralatan yang memadai sehingga pada akhirnya kami petugas gabungan yang dibantu warga menggunakan alat seadanya untuk memadamkan api yang diantaranya daun daun yang masih basah serta membuat lingkaran untum memisahkan antara lahan yang terbakar dan yang belum terbakar.

Masih menurut Kapolsek Suruh Polres Trenggalek Komp Wardjito, SH menjelaskan bahwa saksi melihat api mulai membakar hutan yang berada di petak 59 A – 1 Blok Daren RPH Tugu BKPH Karangan KPH Kediri pada pukul 13.00 Wib dan petugas sengaja membuat lingkaran tersebut dengan tujuan untuk mengurangi api merembat. Yakni dengan memotong pohon-pohon agar api tak bisa menjalar lagi ke tempat lain.

“Petugas gabungan setelah bekerja sekitar tiga setengah jam berhasil memadamkan Api. Tapi kami tetap siaga untuk antisipasi agar api tidak merambat ke permukiman warga, berdasarkan koordinasi dengan pihak perhutani jumlah kerugian masih dihitung sedangkan untuk penyebab dari kebakaran masih proses penyelidikan oleh petugas,” pungkas Kompol Wardjito, SH

Sumber : Polres Trenggalek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.