Dampingi Proses Ukur Tanah Bhabinkamtibmas Desa Joho

oleh

Polres Trenggalek –

“Jalan – Jalan Patroli ciptakan situasi aman
Tidak lupa pantau seputaran lokasi unit BRI
Tiada kata malas sambangi warga desa binaan
Dampingi pengukuran tanah menuju sertifikasi”

Kegiatan Bripka sigit budiarso dalam mendekatkan dengan masyarakat salah satunya dengan kegiatan sambang desa, pada Kamis ( 9/05 ). Bertepatan dalam kegiatan yang dilakukan, desa joho melakukan pengukuran tanah bagi para pemohon PTSL ( Program Tanah Sistem Lengkap ) pengajuan warga desa kepada BPN beberapa bulan lalu.

Bripka Sigit Budiarso dalam pertemuan dengan warga binaanya mengatakan perlunya sertifikat tanah sebagai bukti kepemilikan tanah dimiliki, dari adanya pendaftaran sertifikat yang diajukan ke BPN pihaknya mendukung sekali. Sertifikat merupakan bukti yang diakui negara atas sebidang tanah yang dimiliki.
Menurut keterangan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Sigit dari petugas BPN yang hadir, PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

 

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

 

PTSL yang populer dengan istilah sertipikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertipkat dapat menjadikan  sertipikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.