Cegah Menularnya Penyakit DBD Lakukan Fogging di Mako Polsek Pule

oleh

Polres Trenggalek – Sebagai salah satu upaya untuk memberantas nyamuk yang merupakan vektor penyakit demam berdarah sehingga rantai penularan penyakit bisa diputuskan, dilaksanakanya kegiatan Fogging dari Urkes Polres Trenggalek di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek, itu pada siang kemarin, Kamis ( 25/04 ).

 

Menurut keterangan dari petugas Urkes Polres Trenggalek Bripka Andri Subgayo menuturkan adanya kegiatan Foging yang dilaksanakan dalam upaya membasmi nyamuk yang berbahaya, mengingat di wilayah Pule tidak menutup kemungkinan ditemukanya kejadian pasien yang meninggal diduga akibat gigitan nyamuk demam berdarah.

 

Fogging yang dilakukan bertujuan untuk memberantas nyamuk-nyamuk dewasa yang kemungkinan baru melewati masa pertumbuhannya. Seperti diketahui, hanya dibutuhkan waktu delapan hari untuk jentik nyamuk berubah menjadi nyamuk dewasa.

 

Jika ditemukan fogging focus tidak dilakukan dalam dua siklus selama satu minggu, masyarakat diimbau untuk melaporkan hal tersebut ke Urkes Polres Trenggalek karena semua harus dilakukan sesuai prosedur jika ingin hasilnya maksimal.

 

“Kalau belum dilakukan itu mohon segera dilaporkan. Tujuannya membunuh nyamuk dewasa dan memutus rantai penularan. Tapi bukan pada jentiknya,” kata Bripka Andri Anggota Urkes Polres Trenggalek.

 

Fogging juga akan dilakukan jika ditemukan angka bebas jentik di wilayah tersebut kurang dari 95 persen dan telah terjadi penularan penyakit DBD dari satu orang ke orang lain.

 

Sebagai catatan, pemerintah melarang melakukan fogging focus terlalu sering karena dapat menimbulkan resistensi vektor (nyamuk yang menularkan penyakit) terhadap insektisida, pencemaran lingkungan, dan keracunan insektisida pada penduduk.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.