Bhabinkamtibmas Hadir Dalam Rembug Warga, Untuk Penanganan ODGJ

oleh

Polres Trenggalek – Untuk memberikan kesadaran bagi warga masyarakat didalam menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), pada siang ini Kamis (16/08) Muspika Kecamatan Suruh bersama dengan perangkat Desa Gamping dan warga Desa Gamping melaksanakan sosialisasi serta rembug warga dirumah Kasno Dusun Karangturi Desa Gamping.

Dalam kesempatan itu Camat Suruh Drs Agus Utoyo, menyampaikan bahwasannya Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur telah mengembangkan cara menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berbasis masyarakat, dan ODGJ pada saat ini tidak lagi perlu dibawa ke rumah sakit jiwa karena bisa ditangani dirumah oleh anggota keluarga dan warga sekitar.

“Petugas dari Puskesmas Suruh sudah dilatih, guna untuk meningkatkan kemampuan didalam menanggani ODGJ, dan penanganan ODGJ saat ini tidak perlu ditarik ke rumah sakit, tidak hanya untuk penderita gangguan jiwa yang ada di masyarakat, namun penderita yang sudah keluar dari rumah sakit juga harus akan mendapatkan perawatan lanjutan oleh seluruh warga,” kata Camat Suruh.

Dalam kesempatan itu Bhabinkamtibmas Desa Gamping Polsek Suruh Polres Trenggalek Bripka Agus Mulyono, SH MH, tidak lupa untuk memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan serta mengajak warga untuk tidak mengucilkan ODGJ atau memasung ODGJ.

“Bila warga mengetahui adanya tetangga ataupun warga yang sedang mengalami ODGJ, hendaknya segera melaporkan kepada Puskesmas Suruh ataupun Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek serta ke Polsek Suruh Polres Trenggalek agar segera dapat ditangani,” kata Bripka Agus Mulyono.

Ia juga menjelaskan bahwa ODGJ setelah selesai dirawat, di Puskesma maupun di Rumah Sakit serta sudah dinyatakan sembuh oleh Dokter, harus terus dibina agar tidak merasa kesepian dan tidak kambuh lagi serta masyarakat harus menerima kehadiran ODGJ.

“Pada jaman dulu penanganan pasien orang dengan gangguan jiwa, yang dilakukan oleh masyarakat sering diperlakukan dengan tidak tepat yaitu dengan cara dipasung karena dianggap menggangu berbagai pihak, dan penangganan pada saat ini, warga cukup hanya dengan melaporkan ke Puskesmas Suruh ataupun ke Polsek Suruh Polres Trenggalek untuk dilakukan tindakan secara bersama sama,” pungkas Bripka Agus Mulyono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.