Bhabinkamtibmas Desa Ngulankulon Bantu Puskesmas Ngulankulon Berantas Sarang Nyamuk Demam Berdarah

oleh

Polres Trenggalek – Polsek Pogalan Polres Trenggalek berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat salah satunya dengan mendukung program pemerintahan Kecamatan Pogalan dalam rangka pemberantasan sarang nyamuk.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Ngulankulon Polsek Pogalan Polres Trenggalek Aiptu Suheri yang membantu Puskesmas Ngulankulon dalam memberantasan sarang nyamuk dengan cara melaksanakan antisipasi potensi wabah penyakit akibat dari genangan air di lokasi pemukiman penduduk dengan 3M plus, sehingga warga masyarakat terhindar dari penyakit demam berdarah. Jumat (15/3).

Bhabinkamtibmas Desa Ngulankulon Aiptu Suheri mengatakan kegiatan kali ini, mereka melakukan pemantauan jentik nyamuk di rumah penduduk di Rt 14 Dusun Pojok Desa Ngulankulon. Selain itu, barang bekas di lingkungan yang dapat menampung air hujan juga disingkirkan dengan cara dibakar ataupun ditimbun dengan tanah.

“Upaya itu dilakukan untuk memutus siklus perkembang biakan nyamuk aedes aegipty, penyebab wabah DBD,” kata Aiptu Suheri

Dalam kesempatan itu Aiptu Suheri mengimbau masyarakat agar tempat penampungan air yang terdapat jentik nyamuk rutin  dibersihkan. Hal penting lainnya adalah menaburkan serbuk Abate untuk membunuh jentik nyamuk.

“Kami menghimbau masyarakat untuk proaktif dalam memberantas sarang nyamuk dengan cara 3M Plus yaitu menguras penampungan air, menutup tempat penampungan air dan memanfaatkan wadah yang biasanya dimungkinkan dapat menampung air serta plus jangan menggantung pakaian yang telah dipakai di dalam kamar,” ujar Aiptu Suheri.

Aiptu Suheri juga mengajak masyarakat untuk membangun kesadaran masing-masing individu untuk berprilaku hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Jangan biarkan air menggenang hingga berhari-hari, karena berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk DBD,” pesan Aiptu Suheri.

Saat dikonfirmasi Kapolsek Pogalan Polres Trenggalek AKP M. Mahmudi membenarkan kegiatan yang dilakukan Bhainkamtibmas Ngulankulon membantu Puskesmas Ngulankulon dalam mencegah penyebaran penyakit demam berdarah.

“Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat meningkatkan kewaspadaannya akan sebaran penyakit demam berdarah,” pungkas AKP M. Mahmudi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.