Bhabinkamtibmas Desa Gembleb Tangani Problem Solving Warganya

oleh

Polres Trenggalek – Salah satu tugas Bhabinkamtibmas yakni melakukan problem solving setiap permasalahan yang terjadi di Desa binaannya, dengan mengutamakan musyawarah secara kekeluargaan dalam rangka pemeliharaan situasi kamtibmas.

Hal tersebut juga dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Gembleb Polsek Pogalan Polres Trenggalek Bripka Nurodin tadi malam Minggu (16/3), bertempat di rumah Kasun Gembleb Saeroji hadir dalam mediasi kasus pencurian, dengan menghadirkan Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Dusun, korban, pelaku dan perwakilan masyarakat Desa gembleb.

Bhabinkamtibmas Desa Gembleb menuturkan kejadian terjadi pada hari Sabtu tangggal 16 Maret 2019 pukul 09.00 WIB, di rumah korban inisial K (60 Thn) warga desa Gembleb, saat K  masuk kerumah hendak sarapan pagi secara tidak sengaja berpapasan dengan pelaku inisial S (39) warga desa Gembleb yang keluar dari dalam kamarnya dan membawa bungkusan plastik hitam.

“K curiga kalau bungkusan plastik itu adalah plastik hitam yang berisi uang Rp. 800.000,- miliknya, kemudian K mengejarnya sampai kamar mandi meminta bungkusan plastik itu dan S menyerahkan kembali dan mengakuinya bahwa telah mencuri uang tersebut,” tutur Bripka Nurodin.

Karena kerugian korban dibawah Rp. 2,5 juta (termasuk tindak pidana ringan) serta pelaku dan korban masih merupakan tetangga, mendasari hal tersebut Bripka Nurodin melakukan upaya mediasi agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan antara pihak pelaku dengan pihak korban di kemudian hari.

“Kami berupaya agar selesai secara kekeluargaan, tidak perlu saling melapor, karena masih tetangga, kami upayakan permasalahan dapat terselesaikan dengan baik”, tambah Bripka Nurodin.

Dari hasil mediasi tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan tidak melanjutkan ke ranah hukum, selain itu pelaku berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya dan akan diberikan sanksi bila nekat mengulangi perbuatannya.

Sementara itu Kapolsek Pogalan Polres Trenggalek AKP M. Mahmudi mengatakan bahwa kegiatan Bhabinkamtibmas Desa Gembleb tersebut merupakan langkah-langkah yang sangat positif dan sangat bermanfaat bagi para pihak. Karena penyelesaian perkara itu tidak hanya melalui proses persidangan ke pengadilan juga bisa melalui dengan jalan mediasi dan kekeluargaan.

“Jadi tidak ada yang merasa dirugikan. Kedua belah pihak sama-sama diuntungkan, karena terjalinnya kembali silaturahmi yang baik di antara mereka,” pungkas AKP M. Mahmudi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.