Bentuk Emansipasi Wanita, Polwan Polsek Karangan Jadi Irup Peringati Hari Kartini

oleh

Polres Trenggalek – Polsek Karangan Polres Trenggalek menerjunkan anggota Polisi Wanita (Polwan) Bripka Devia Irawati SH. ke SMAN 2 Karangan untuk ditugaskan sebagai Inspektur upacara (Irup) pada upacara Bendera hari Senin sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kartini, Senin (29/04).

“Personil Polwan diterjunkan ke sekolah untuk menjadi Irup pada saat upacara Bendera sekaligus memperingati hari Kartini sebagai bentuk emansipasi wanita. Kaum wanita sekarang bisa memperoleh hak-haknya, untuk mengenyam pendidikan, bekerja dan lain-lain seperti yang dilakukan kaum laki-laki. Bisa juga menjadi pemimpin, namun yang perlu diingat jangan sampai lupa akan kodratnya sebagai wanita,” ujar Kapolsek Karangan AKP Sutrisno,S.H. saat dikonfirmasi di Mapolsek Karangan.

Bripka Devia dengan tegas dan penuh semangat, membacakan amanat kepada puluhan siswa yang mengikuti upacara. Dalam amanatnya, dibacakan riwayat singkat R.A. Kartini, sebagai pejuang emansipasi wanita. Para siswa diajak untuk bisa mengerti dan memahami lebih jauh tentang pejuang emansipasi tersebut. Selain itu mampu meneladani dan menjadikan motivasi siswa untuk lebih semangat belajar demi cita-cita yang diinginkan.

“Adik-adik ku sekalian, perlu kita ketahui bersama bahwa berkat jasa Raden Ajeng Kartini, kaum wanita mempunyai hak dan kedudukan yang sama didalam berkarier, baik di tingkat pemerintahan ataupun yang lainnya, sebagai contoh dapat kita lihat kiprah seorang wanita di Kepolisian Negara Republik Indonesia pada saat ini. Banyak sekali wanita yang menjadi seorang Kapolsek, Kapolres bahkan menjadi Kapolda dan menempati jabatan strategis lainnya baik ditingkat pusat maupun daerah, hal ini menunjukkan bahwa kesamaan hak antara kaum laki-laki dan wanita adalah sama khususnya dilingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ungkap Bripka Devia dihadapan ratusan siswa siswi SMAN 2 Karangan.

Dengan Kehadiran Bripka Devia sebagai Irup di SMAN 2 Karangan membuat para siswi khususnya, lebih bersemangat dan banyak yang bercita-cita menjadi seorang polisi wanita. Untuk mewujudkan hal tersebut tentu saja tidak mudah, harus rajin belajar dan menjaga kesehatan agar cita-citanya kelak dapat tercapai. Kegiatan selesai pada pukul 08.00 wib, dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh salah satu perwakilan siswa. Secara keseluruhan kegiatan upacara Bendera hari Senin yang juga dirangkai untuk memperingati Hari Kartini berlangsung secara lancar tanpa hambatan apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.