Antisipasi Tahanan Kabur, Wakapolres Trenggalek Sidak Rutan Mapolres

oleh

Polres Trenggalek – Wakapolres Trenggalek Kompol Heru Dwi Purnomo, S.I.K. melakukan sidak ke rumah tahanan (Rutan) Mapolres. Sidak ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kesigapan dan kesiapsiagaan petugas dalam menjalankan tugas sesuai dengan SOP yang berlaku.

Didampingi oleh Kasipropam Iptu Sanusi, S.H. dan Kasattahti Iptu M. Munif, S.H., Wakapolres muda ini blusukan memeriksa satu persatu ruang penjagaan dan tahanan. Menurutnya banyak peristiwa tahanan kabur yang berawal dari kelengahan petugas yang kemudian dimanfaatkan untuk mengelabui dan lari dari ruang tahanan.

“Meskipun berstatus tahanan, tetapi harus diperlakukan humanis dan memperhatikan koridor HAM. Apapun itu, siapapun mereka dan apa yang telah dilakukan, kita hormati mereka sebagai sesama manusia. Ada batasan-batasan tetapi hak mendasar tetap harus diberikan.” Ujar Kompol Heru

Pengecekan tahanan dimulai dari kondisi fisik tahanan, barang bawaan yang digunakan dan keamanan setiap ruang tahanan yang ditempati sebagai antisipasi perbuatan yang tidak diinginkan.  Bahkan, tak segan-segan, pihaknya meminta agar seluruh barang yang dinilai dapat membahayakan untuk dikeluarkan dari ruang tahanan.

Selain itu, Kompol Heru memeriksa kelengkapan administrasi penyidikan terkait masa tahanan, CCTV pengawas hingga soal kebersihan. Pihaknya meminta agar setiap petugas jaga benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP yang ada.

“Antisipasi jangan sampai ada barang-barang berbahaya yang dapat digunakan untuk melukai, melawan petugas atau melarikan diri.” Imbuhnya

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya meminta agar para tahanan lebih memperbanyak ibadah dan merenungi perbuatan yang sudah dilakukan dan mengambil makna serta berubah menjadi manusia yang lebih baik.

Setiap harinya ada 3 personel yang mengawasi tahanan. Satu dari Sattahti terkait dengan adimisntrasi dan 2 orang dari Satsamapta.

Sesuai dengan hasil Sidak, Kompol Heru menilai bahwa semua dalam kondisi lengkap. Demikian juga dengan 39 tahanan yang berada di Rutan Mapolres dalam keadaan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.