Anggota Polsek Kampak Bersama Bhabinkamtibmas Desa Bendoagung Melaksanakan Sambang Duka Sampai Mengantarkan Keliang Lahat.

oleh

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas desa Bendoagung Polsek Kampak Polres Trenggalek Brigadir Galih bersama anggota Polsek Kampak lainnya melaksanakan sambang duka masyarakat dusun Kademangan Desa Bendoagung sampai mengantar keliang lahat. Selasa (26/02/2019).

Mendengar berita warga masyarakat meninggal dunia Bhabinkamtibmas desa Bendoagung bersama anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek bergegas untuk melaksanakan sambang duka untuk memberikan wujud duka cita dan dukungan moril kepada keluarga yang ditinggalkan agar bersabar dan sama sama berdoa agar arwah almarhumah diampuni segala dosanya dan ditempatkan ditempat yang mulia di sisi Alloh Swt.

Dari rumah duka Bhabinkamtibmas desa Bendoagung Polsek Kampak Polres Trenggalek Brigadir Galih bersama warga langsung menuju tempat pemakaman umum untuk kemudian almarhum disholatkan di rumah duka dan setelah itu diantar ke tempat pemakaman. Semua prosesi pemakaman dilakukan bersama-sama dengan warga dan berjalan dengan baik.

Dalam ajaran Islam, kebiasaan seorang muslim mengunjungi orang yang meninggal dunia ini disebut takziah. Dengan kata lain, takziah adalah berkunjung kepada keluarga yang meninggal dunia. Kewajiban untuk mengunjungi keluarga yang mengalami “musibah” kematian adalah sunah. Bahkan, dalam kondisi tertentu bisa menjadi wajib. Pada ahli hukum Islam menegaskan bahwa hukum merawat orang yang meninggal dunia adalah fardu kifayah, namun bila tidak ada yang mengurusnya maka kepada orang yang tahu mengenai kejadian tersebut status hukumnya menjadi fardu ‘ain. Dengan kata lain, seseorang tidak dinyatakan berdosa bila tidak ikut serta dalam merawat jenazah bila sudah ada sebagian muslim lain yang sudah mengurus jenazah tersebut.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.