Pos Penyekatan Arus Balik di perbatasan Trenggalek-Ponorogo Masih Berjalan

oleh

Polres Trenggalek – Aparat kepolisian dari jajaran Polres Trenggalek, Jawa Timur melakukan penyekatan para pengendara kendaraan bermotor yang masuk ke kabupaten Trenggalek itu di perbatasan antara Kabupaten Trenggalek dengan Kabupaten Ponorogo.

“Fokus kami pada kendaraan berpelat nomor luar Trenggalek,” kata Kapolsek Tugu, Selasa (18/5/21)

Di perbatasan antara Kabupaten Trenggalek dengan Kabupaten Ponorogo, tepatnya di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu ini, petugas juga mendirikan posko penyekatan.

Menurut Kapolsek, posko penyekatan itu merupakan satu dari beberapa posko penyekatan mudik balik Lebaran yang didirkan Polres Trenggalek selama pelaksanaan larangan mudik Lebaran 1442 Hijriah tahun ini.

Pengendara kendaraan bermotor luar Trenggalek yang melintas di jalur itu, langsung dilakukan rapid test oleh petugas medis yang juga disiagakan di posko penyekatan itu.

“Bagi yang reaktif, maka langsung dibawa oleh petugas ke tempay Isolasi Darurat untuk dikarantina,” katanya.

Selain kendaraan pribadi, petugas juga menyisir para penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang melintas di jalur itu.

Menurut Kapolsek, penyekatan yang dilakukan petugas gabungan dari unsur polisi, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Pemkab Trenggalek itu, sebagai bentuk pelaksanaan dari Surat Edaran Nomor: 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan Upaya Pengedalian Penyebaran COVID-19.

Ketentuan sebagaimana tertuang dalam surat edaran ini melarang semua warga melakukan mudik Lebaran guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Masyarakat sebenarnya harus mendukung kebijakan ini, karena kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah ini sebenarnya dalam rangka kebaikan bersama,” katanya.

Saat ini, sambung kapolsek, penyebaran COVID-19 di Indonesia, khusus di Kabupaten Trenggalek masih tinggi, dan masih masuk dalam zona oranye.

“Jadi, sekali lagi, ini semua demi kebaikan bersama. Jadi, mari kita patuhi ketentuan pemerintah tentang Larangan Mudik Balik Lebaran ini,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *