Satukan Langkah Jelang Idul Fitri 1442 H, Forkopimca Bendungan Inisiasi Rakor dengan Seluruh Kades dan Tokoh Agama

oleh

Polres Trenggalek – Kurang dari sepekan umat Islam di seluruh tanah air merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H.

Perayaan hari kemenangan bagi umat Islam di tahun kedua ini masih di tengah cobaan pandemi Covid-19.

Guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 menjelang Idul Fitri, hari ini Forkopimca Bendungan menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama seluruh Kades dan tokoh agama se-kecamatan Bendungan, Jumat (7/5/2021).

Kegiatan yang dipusatkan di pendapa kecamatan ini dihadiri pula ketua MUI kecamatan Bendungan.

Membuka sambutannya, Camat Bendungan, Nurkolik, S.STP menjelaskan maksud dan tujuan Rakor dimaksud untuk menyikapi situasi menjelang digelarnya salat Id termasuk mekanisme pembagian zakat di tengah pandemi.

“Meskipun di tengah pandemi, kegiatan ibadah terus berjalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kepada seluruh Kades maupun tokoh masyarakat agar ikut mensosialisasikan hasil Rakor ini kepada semua elemen masyarakat,” ucap Nurkolik.

Tak ketinggalan, Kapolsek Bendungan, AKP Bambang Purwanto, S.H.,M.H. yang turut hadir di lokasi menegaskan, agar masyarakat tidak menyepelekan pandemi Covid-19 yang sampai saat ini grafiknya masih cukup tinggi.

“Kita ketahui bersama bahwa varian virus Covid-19 terus bermutasi yang menyebabkan tingkat penularan yang begitu cepat dengan jumlah korban yang cukup fatal. Jangan sampai peristiwa di negara India terjadi di tanah air,” terang AKP Bambang.

Ia menambahkan, agar Tiga Pilar tiap desa terus bersinergi dengan komponen masyarakat untuk terus melakukan pencegahan utamanya menjelang pelaksanaan Idul Fitri pekan depan.

“Menghimbau kepada masyarakat dan tokoh agama agar pelaksanaan salat Id nanti digelar di seluruh masjid atau tempat terbuka sehingga mengurangi jumlah kerumunan,” tambahnya.

Tak cukup itu saja, Perwira yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbaghumas Bagops Polres Trenggalek ini juga menyinggung tentang arus mudik warga yang sudah tiba di wilayah Bendungan.

“Bhabinkamtibmas dan Tiga Pilar agar segera mendatakan jumlah warga yang diketahui mudik di wilayah Bendungan. Laksanakan prosedur yang ada guna mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” ujar AKP Bambang.

Sementara itu, Ketua MUI kecamatan Bendungan mengharap kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama agar satu kata untuk menyampaikan ketentuan yang dirumuskan dalam Rakor ini sehingga tidak sampai terjadi kontra produktif di tengah masyarakat.

Sebelum Rakor diakhiri, panitia penyelenggara tampak membacakan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 3 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *