Polsek Pule Amankan Kegiatan Lomba Jaranan Turonggo Yakso

oleh

Polres Trenggalek – Lomba jaranan turonggonyakso dalam rangkaian PHBN kecamatan Pule di gelar hari ini, Selasa ( 14/08 ). Dalam kegiatan perlombaan yang dilaksanakan mendapat pantauan dari Polsek Pule Polres Trengggalek untuk membantu jalanya kegiatan berjalan lancar, Kanit Provos Polsek Pule Aiptu Imam Mansur terlihat di lokasi kegiatan yang di selenggarakan di pendopo kecamatan Pule.

 

Kegiatan pengamanan adanya lomba jaranan turonggo yakso di kecamatan Pule, dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman pada waktu masyarakat gelar kegiatan dan menghadirkan orang banyak. Disinilah perlunya kehadiran Polisi dalam mencegah adanya kejadian yang tidak diinginkan dan bahaya yang mengancam sebagai bentuk gangguan.

 

” Kita laksanakan kegiatan pengamanan adanya kegiatan perlombaan jaranan selama kegiatan dilaksanakan, sampai selesai kemarin hasil pantauan situasi aman dan kondusif, ” kata Kanit Provos Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Mansur saat dilokasi kegiatan.

 

Tidak seperti jaranan yang banyak terdapat di daerah lain, Turonggo Yakso menggunakan kuda kepang yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau dan berkepala raksasa berambut tebal. Gerak tari dan gendhing pengiringnya sangat dinamis dan energik (Trenggalek).
Kesenian Turonggo Yakso ini artinya kesenian Kuda Lumping tapi berkepala dan berbadan Raksasa(Buto), karena Kata “Turonggo” berarti kuda, dan “Yakso” berartiRaksasa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *