Pastikan Sesuai SOP, AKBP Didit BWS Sidak Ruang Tahanan Mapolres Trenggalek

oleh

Polres Trenggalek – Mencegah lebih baik dari mengobati. Mungkin ungkapan ini cocok untuk Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. Didampingi Kasattahti, Kapolres sidak ruang tahanan Mapolres. Banyaknya kasus tahanan kabur di beberapa daerah menjadikan pelajaran penting agar hal yang sama tidak terjadi di Rutan Polres Trenggalek. Jumat (20/7)

AKBP Didit menuturkan, meskipun berstatus tahanan, namun perlakuan terhadap mereka harus tetap mengedapankan kemanusiaan (HAM). Pihaknya tidak akan mentolelir anggotanya yang melakukan kekerasan.

“Perspektif HAM harus tetap dikedepankan. Hak-hak mereka harus terpenuhi. Bahkan tiap hari Kamis kami hadirkan pemuka agama untuk memberi pencerahan kepada mereka” Jelas AKBP Didit

Namun demikian, masih kata AKBP Didit, bukan berarti para tahanan tersebut bisa bebas melakukan sesuatu. Pengawasan tetap harus dilaksanakan sesuai dengan SOP yang ada semisal pemeriksaan makanan, pengunjung dan larangan membawa barang berbahaya.

Demikian pula dengan pemeriksaan rutin kondisi tahanan baik jumlah maupun kesehatannya. Hal tersebut untuk mencegah kemungkinan tahanan dalam kondisi sakit maupun melarikan diri.

“Pengecekan ini untuk memastikan bahwa petugas jaga tahanan sudah melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan maupun SOP” Imbuhnya

Berdasarkan hasil Sidak, jumlah tahanan Mapolres yang berjumlah 9 orang terdiri dari tahanan Pidum 4 orang, Narkoba 1 orang, PPA 2 orang dan Pidsus 2 orang dalam keadaan lengkap dan sehat. Sedangkan 9 orang tahanan lainnya di titipkan di Lapas Trenggalek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *