Tingkatkan Kewaspadaan, Polres Trenggalek Pertebal Pengamanan Mako

oleh

Polres Trenggalek – Menyikapi perkembangan dan dinamika Kamtibmas akhir-akhir ini, Polres Trenggalek meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan Markas Komando (Mako) jajarannya.

Peningkatan kewaspadaan dilakukan tidak hanya pada gedung, kantor maupun aset milik Kepolisian dengan memperketat pengawasan lalu lintas orang dan barang yang masuk Mapolres tetapi juga kegiatan personel dilapangan. Minggu, (13/12)

Beberapa personel Satsabhara bersenjata lengkap dengan rompi anti peluru dan helm baja nampak di-stanby-kan di pintu masuk maupun keluar Mapolres. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan Kamtibmas utamanya berupa penyerangan terhadap anggota Polri mapun Mako.

Petugas juga memeriksa setiap kendaraan menggunakan metal detektor dan mirror detector termasuk barang bawaan masyarakat yang masuk Ksatrian Mapolres. Setiap orang yang masuk akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, pengecekan suhu tubuh dan wajib melakukan registrasi yang dtempatkan di depan penjagaan.

Dihubungi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. menjelaskan, proses pengamanan Mako pada dasarnya mengacu pada Protap dan SOP yang berlaku diantaranya menempatkan personel di pintu masuk maupun keluar serta mengawasi setiap pergerakan baik orang ataupun kendaraan yang dinilai mencurigakan.

“Lebih tepatnya pengamanan Mako yang ditingkatkan mengingat perkembangan situasi akhir-akhir ini.” Jelas AKBP Doni.

Sementara itu, Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H yang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada penjagaan Polres dan Polsek jajaran untuk memastikan kesiapsiagaan personel mengatakan, setiap orang yang masuk kestarian Polres maupun Polsek wajib mengikuti sejumlah prosedur diantaranya adalah pemeriksaan barang bawaan maupun kendaraan.

“Kita optimalkan sistem pengamanan dengan metode buddy system. Kemudian tiap petugas menggunakan boddy protector atau rompi anti peluru dan mengoptimalkan sistem pengamanan Mako berupa CCTV termasuk yang ada di jalan raya untuk memudahkan identifikasi dan pemantauan” Ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *