Polisi Bantu Perhutani Tebangi Pohon yang Berpotensi Roboh Ditepi Jalan Raya

oleh

Polres Trenggalek – Aiptu Sumani dan anggota Polsek Kampak lainnya kemarin siang bersinergi dengan Perhutani menebang pohon-pohon yang berpotensi tumbang jika terjadi hujan deras disertai angin kencang di kawasan hutan masuk Desa Ngadimulyo. Hal ini merupakan tindak lanjut setelah adanya pohon pinus yang tumbang melintang di jalan dan menimpa kabel listrik di kawasan tersebut yang mengakibatkan arus lalu lintas mengalami kemacetan pada Kamis malam sebelumnya. Jum’at (11/12).

Pihak Perhutani mengungkapkan bahwa ada beberapa pohon di hutan area masuk Desa Ngadimulyo yang dinilai berpotensi tumbang ke badan jalan ataupun jaringan listrik apabila terjadi hujan deras disertai angin kencan pada musim penghujan seperti saat ini. Oleh karena itu, pihak Perhutani memutuskan untuk mengantisipasi sebelum kembali terjadi pohon tumbang dengan menebangi pohon-pohon yang potensial untuk tumbang.

‘’Menindaklanjuti adanya pohon tumbang yang mengenai kabel listrik di jalan area masuk Desa Ngadimulyo, kami sebagai anggota Polri yang bertugas menjaga keamanan masyarakat bersinergi membantu Perhutani untuk melakukan penebangan terhadap pohon-pohon yang dianggap membahayakan karena berpotensi tumbang. Proses penebangan ini pun juga dibantu oleh warga sekitar, sehingga proses penebangan dapat terselesaikan dengan cepat,’’ ucap Aiptu Sumani.

Dijelaskan bahwa memang pada kejadian pohon tumbang sebelumnya tidak menyebabkan adanya korban jiwa. Namun dikarenakan lokasi pohon-pohon yang potensial tersebut tumbuh di pinggir jalan raya yang notabene selalu dilintasi oleh warga sekitar maka kegiatan penebangan dilakukan sebelum terjadi hal-hal yang membahayakan masyarakat sekitar.

“Pada musibah-musibah pohon tumbang sebelumnya tidak menyebabkan adanya korban jiwa. Namun kita tidak ingin menunggu munculnya korban. Oleh karena itu, penebangan ini dilakukan demi meminimalisir adanya musibah pohon yang tumbang dan dapat membahayakan area yang dilewati warga tersebut”, imbuh Aiptu Suwarno.

Dalam kesempatan itu juga Aiptu Sumani menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dengan kondisi cuaca yang memasuki musim hujan disertai angin kecang.

“Alhamdulillah proses penebangan pohon-pohon yang dapat tumbang sewaktu-waktu pada siang kemarin dapat berjalan dengan lancar. Tetapi kami himbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada saat melintasi area yang terdapat banyak pohon. Apalagi jika hujan sedang turun deras dan disertai angin kencang. Diharapkan para pengguna jalan yang melewati area banyak pohon selalu waspada akan dahan patah bahkan pohon tumbang,’’ tutup Aiptu Sumani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *