Polsek Dongko Siap Dukung Operasi Bina Waspada Semeru 2019

oleh

Polres Trenggalek – Dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) sekaligus mendukung pelaksanaan Operasi Bina Waspada Semeru 2019 Kasihumas Polsek Dongko Polres Trenggalek Bripka Heri Cahyono bersama Bripka Dian Wisnu Aji melakukan patroli sambang silahturahmi ke tokoh masyarakat Rt 13 Dusun Blimbing Desa Dongko Saudara Bakti Hari Wibowo. Jumat (8/11)

Sewaktu dikonfirmasi terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., membenarkan apa yang telah dilakukan anggotanya dari kegiatan patroli dan sambang kepada tokoh masyarakat.

“Ya benar, apa yang dilakukan anggota untuk menggiatkan patroli sambang ke tokoh masyarakat. Hal ini dilakukan oleh anggota untuk mendekatkan kamtibmas sekaligus mendukung operasi kewilayahan dengan sandi Operasi Bina Waspada Semeru 2019,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolsek Dongko Polres Trenggalek mengungkapkan, jika dalam operasi ini yang dikedepan adalah Fungsi Binmas dan Operasi ini nantinya dilakukan guna cipta kondisi menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Secara otomatis para personel Bhabinkamtibmas harus berperan aktif untuk mendukung Operasi Bina Waspada ini, sehingga cara bertindak di titik beratkan kepada kegiatan Preventif yang didukung dengan penegakan hukum untuk kasus tertangkap tangan,” ungkapnya

Walaupun diwilayah hukum Polsek Dongko Polres Trenggalek tidak ditemukan indikasi adanya kelompok radikal yang melakukan penyebaran pahamnya ke masyarakat. Namun kami tidak ingin anggota lengah. Termasuk bagi masyarakat, jangan sampai terjerumus ke paham yang salah hingga ikut bergabung kepada aksi terorisme.

“Operasi ini sangat penting, jadi saya harapkan personel sungguh-sungguh melaksanakan tugas.Prinsipnya, kita harus meningkatkan rasa nasionalisme warga agar dapat menangkal radikalisme,” jelasnya.

Masih kata AKP Tri basuki, tak hanya terjun ke lapangan menemui warga guna menggali informasi dan deteksi dini serta melakukan himbauan dan sosialisasi, namun juga patroli dunia maya atau patroli cyber juga ditingkatkan. Mengingat saat ini penyebaran paham radikal juga marak melalui internet di media sosial dan berbagai portal atau situs web.

“Tak hanya terjun ke lapangan menemui warga menggali informasi dan deteksi dini serta melakukan himbauan dan sosialisasi, namun juga patroli dunia maya atau patroli cyber juga ditingkatkan,” kata Kapolsek yang akrab disapa Tribas ini.

Dengan ini, kami mengharapkan, agar masyarakat dapat meningkatkan rasa kepeduliannya dengan cara proaktif memberikan informasi ke petugas baik anggota Polri ataupun TNI jika menemukan adanya seseorang atau suatu kelompok terindikasi pahamnya menyimpang seperti anti Pancasila dan intoleransi umat beragama yang berpotensi mengancam kerukunan dan persatuan di tengah-tengah masyarakat, tandasnya.

Sumber : Polres Trenggalek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *