Waspada Karhutla, Kapolres Trenggalek: Imbau Masyarakat dan Intensifkan Patroli

oleh

Polres Trenggalek – Dimusim kemarau panjang seperti saat ini, hutan dan lahan sangat rentan terjadi kebakaran. Apalagi di kabupaten Trenggalek yang wilayahnya didominasi perbukitan dan dikelilingi kawasan hutan. Kondisi ini tentu perlu perhatian dari semua stake horder terkait untuk bersama-sama mencegah Karhutla di Kabupaten Trenggalek.

Guna mengatisipasi Karhutla, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. telah menginstruksikan jajarannya untuk bekerjasama dengan Perhutani dan instansi terkait melakukan patroli bersama di kawasan hutan.

“Iya benar, Saya sudah intsruksikan kepada jajaran untuk mewaspadai terjadinya Karhutla.” Ujar AKBP Jean Calvijn

Pihaknya meminta agar, masing-masing Polsek memasang papan imbauan dan menyambangi masyarakat yang berdomisili didekat hutan agar tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran hutan atau lahan. Bahkan beberapa kali Kapolres muda ini turun langsung mengecek dan memantau langsung dilapangan.

“Setiap hari wajib melaksanakan patroli dan antisipasi Karhutla dan setiap kegiatan wajib dilaporkan secara berjenjang. Ini untuk memastikan bahwa kita benar-benar maksimal melakukan pencegahan.” Imbuhnya

Begitu pula jika ditemukan kebakaran, pihaknya meminta agar masyarakat sesegera mungkin melaporkan kejadian tersebut kepada aparat Kepolisian atau Bhabinkamtibmas untuk segera dilakukan pemadaman.

“Jangan sampai kalau api sudah membesar merembet kepemukiman warga. Ini yang kita cegah” Ujar Perwira menengah yang pernah menjabat sebagai Kasubdit I Ditresnarkoba Polda PMJ ini.

“Beberapa kali ada laporan masuk dan kita langsung datangi TKP melakukan pemadaman menggunakan alat seadanya agar tidak merembet semakin besar.” Pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *