Safari Jumat, Polres Trenggalek Dorong Masyarakat Aktif Cegah Radikalisme

oleh

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek Menggelar Safari Jumat di beberapa Masjid yang ada di wilayah Trenggalek. Program ini merupakan salah satu upaya Polres Trenggalek guna mendekatkan diri dengan masyarakat.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. menuturkan, sesuai namanya, setiap Jumat Pejabat Utama tingkat Polres, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas melaksanakan ibadah salat Jumat berjamaah di salah satu masjid, kemudian berdialog dengan masyarakat sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas. Lokasi pun berpindah-pindah menyesuaikan dengan tingkat kerawanan.

“Setiap hari Jumat, semua pejabat utama saya instruksikan untuk turun kedesa-desa. Menjalankan ibadah salat jumat bersama warga sekaligus menyerap aspirasi dan harapan masyarakat sekaligus mengetahui tentang permasalahan apa saja yang muncul di desa-desa dan memberikan solusi yang bermanfaat.”” Ujar AKBP Jean Calvijn

Ditingkat Polres, Kasatbinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum. bersama dengan beberapa orang perwira dan anggota Polsubsektor Trenggalek melaksanakan Salat Jumat di Majis Al Fajar di Desa Sukosari Kecamatan Trenggalek. Jum`at (18/10).

Dalam kesempatan tersebut, AKP Suyono sedikit memaparkan tentang peran penting masyarakat dalam menjaga keamanan serta meminta dukungan dari segenap masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas kondusif di Kabupaten Trenggalek.

“Kamtibmas bukan saja menjadi tugas Kepolisian namun merupakan tanggung jawab kita bersama. Peran serta dan dukungan njenengan semua sangat dibutuhkan. Minimal menjadi polisi bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar” ucap AKP Suyono.

Selain masalah keamanan lingkungan, AKP Suyono juga menyinggung soal radikalisme dan intoleransi yang belakangan ini juga dinilai cukup marak. Baik melalui tatap muka maupun memanfaatkan jaringan dan media sosial. Menurutnya, disinilah tokoh masyarakat dan tokoh agama berperan untuk menangkal masifnya gerakan radikalisme di Indonesia.

“Pencerahan dan dawuh dari para ulama tentu akan membawa kesejukan sehingga dapat menekan berkembangnya radikalisme” jelas AKP Suyono.

“Masyarakat bisa berpartisipasi dengan menggiatkan kembali Poskamling dan 1 x 24 jam wajib lapor. Jika ada permasalahan bisa diselesaikan melalui mekanisme 3 pilar” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, AKP Suyono mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama berdoa demi keamanan dan ketertiban menjelang tahapan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Tak ketinggalan, sebelum meninggalkan lokasi, AKP Suyono menyerahkan bingkisan sarana kontak dan tali asih kepada takmir masjid disaksikan oleh seluruh jemaah yang hadir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *