Peningkatan Status Siaga, Kapolsek Dongko : Kami Siap Amankan Wilayah

oleh

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., kendalikan anggota dalam pelaksanaan patroli berskala besar gabungan bersama personel TNI dari Koramil 13 Dongko Kodim 0806 Trenggalek. Sabtu (19/10)

Terlihat di jalur perbatasan Dongko-Suruh Trenggalek, personel patroli gabungan TNI-Polri yang dikendalikan Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki, S.H., dengan penuh kewaspadaan memantau situasi.

Dikonfirmasi AKP Tri Basuki mengatakan, seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI serta menyikapi dinamika Kamtibmas baik tingkat nasional, regional maupun tingkat lokal, jajaran Polres Trenggalek menaikkan status menjadi siaga 1. Untuk itu kami dari Kepolisian bersama TNI siap mengamankan wilayah dengan bersinergi dengan menggelar pelaksanaan patroli berskala besar dalam rangka tugas memelihara keamanan.

“Kami siap mengamankan wilayah serta guna menjamin stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum, maka kami bersama dengan personel Koramil 13 Dongko Kodim 0806 menggelar patroli gabungan skala besar,” kata Tri Basuki.

“Dan peningkatan status dari siaga menjadi siaga 1 ini merupakan tindak lanjut dari instruksi oleh satuan tingkat atas yakni Polda Jatim sebagai bentuk peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi segala gangguan Kamtbmas yang diperkirakan muncul dan berdampak di wilayah hukum,” tambahnya.

Sementara Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. menegaskan, dalam status siaga 1 seluruh personel Kepolisian dilarang meninggalkan wilayah (Garnisun) dan menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan.

“Saga 1 berlaku sampai ada pencabutan. Seluruh anggota harus dalam keadaan siaga di Mako masing-masing,” tegas AKBP Jean Calvijn.

Terkait dengan patroli gabungan skala besar, AKBP Jean Calvjn menjelaskanakan dilaksanakan secara terus menerus hingga situasi benar-benar dinyatakan aman. Sedangkan anggota yang dilibatkan minimal sepertiga dari keseluruhan perkuatan.

“Sasaran patroli adalah titik-titik rawan, Obvit dan Provit. Petugas juga melakukan dialogis dengan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Masih kata AKBP Jean Calvijn, di tingkat Polres Patroli skala besar melibatkan sedikitnya seratus orang personel TNI/Polri yang terbagi menjadi beberapa tim kecil. Sedangkan ditingkat Kecamatan dilakukan oleh personel Polsek bersama dengan Koramil.

Pihaknya berharap, dengan langkah preventif ini mampu mencegah dan meminimalisir gangguan Kamtibmas serta memastikan bahwa keamanan Kabupaten Trenggalek tetap dalam keadaan kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *