Dampingi Forkopimda, Kapolsek Dongko Papaarkan Patroli Gentong

oleh

Polres Trenggalek – Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Trenggalek kompak tinjau penyaluran air bersih kepada masyarakat yang dikucurkan ke bak penampung Rt 31/16 Dusun Nglaran Desa Cakul Kecamatan Dongko. Kamis (17/10)

Disana rombongan Forkopimda yang terdiri dari Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H, Bupati H.M. Nur Arifin dan Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto,S.Sos, didampingi Camat Dongko Teguh Sri Mulyanto, S.Sos.,M.Si, Danramil 13 Dongko Kapten Inf. Bambang Subani,  Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki, S.H., Kepala Desa Cakul bapak Marsum serta tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainnya, untuk secara langsung bisa bersentuhan dengan masyarakat yang terdampak kekeringan.

Terpantau sebanyak 3 tangki dari BPBD Trenggalek dan 4 tangki dari komuitas pickup Kecamatan Dongko serta 1 tangki patroli gentong Polsek Dongko berjajar di lokasi.

Setelah tangki BPBD Trenggalek mengisi penuh bak penampung di Dusun Nglaran Desa Cakul,  kemudian oleh Forkopimda Kabupaten Trenggalek mengisikan secara simbolik ke jerigen yang telah dibawa masyarakat. Kemudian dari tangki pickup dan tangki patroli gentong disebar kewilayah terdampak kekeringan disepanjang jalan Desa Cakul serta wilayah Kecamatan Dongko lainnya.

Sewaktu dikonfirmasi AKBP Jean Calvijn mengatakan Kabupaten Trenggalek mengalami musim kemarau yang cukup Panjang. Akibatnya dibeberapa wilayah terjadi kekringan dan kekurangan air bersih. Jajaran Forkopimda telah melakukan berbagai upaya penanggulangan dengan bersama-sama mendistrisbusikan kebutuhan air bersih untuk warga.

Dalam sehari, Pemerintah telah mendistribusikan air bersih sedikitnya 450 sampai 500 titik se Kabupaten Trenggalek. Dikecamatan Dongko saja, di satu titik bisa menjapai 23 ribu liter. Oleh karenanya sinergitas dan gotong royong lintas instansi baik dari Polri, TNI, Pemerintah daerah melalui BPBD mutlak sangat  diperlukan agar bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi.

“Dari Polres Trenggalek ada tiga Polsek yakni Polsek Dongko dengan Patroli Gentongnya, kemudian Polsek Tugu dan Gandusari yang memodifikasi kendaraan patroli digantikan dengan Tandon air untuk dibagikan warga.” Terang AKBP Jean Calvijn.

AKBP Jean Calvijn juga menunjukkan kendaraan patroli Polsek Dongko yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa digunakan mengangkut air bersih untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat.

“Kapasitas 1.700 Liter. Dalam sehari, distribusi air bisa dilakukan 2 hingga 3 kali dengan lokasi yang berbeda. Bahkan sekolah dan puskesmas pun mendapat bantuan air dari Polsek ini.” Ujar AKBP jean Calvijn

Sebagai bentuk kesiapan menghadapi bencana, lanjut AKBP Jean Calvijn, Jajaran Polres Trenggalek dengan stake holder lainnya juga telah melakukan apel kesiapsiagaan guna mengecek kesiapan dan persiapan baik personel maupun peralatan pendukung.

“Semoga  apa yang kami lakukan ini bermanfaat secara utuh untuk kepentingan masyarakat Trenggalek.” Imbuhnya.

Senada, Bupati Nur Arifin menegaskan Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengecek langsung titik kekeringan dan lokasi distribusi air bersih mengingat musim kemarau berjalan cukup panjang. Pihaknya juga mengapresiasi kerjasama dan kesigapan dari TNI dan Polri yang turut membantu mendistribusikan air bagi warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *