Kapolres Trenggalek Paparkan Sinergitas DMI-Polri Menjaga Kamtibmas Kondusif

oleh

Polres Trenggalek – Dewan Masjid Indonesia (DMI) memegang peranan penting dalam pemeliharaan Kamtibmas di daerah. DMI yang memiliki salah satu fungsi pokok manajemen dan memakmurkan Masjid tersebut diharapkan dapat berkotribusi positif dalam konteks pencegahan terhadap gangguan Kamtibmas.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., saat menjadi nara sumber acara pembinaan dan silaturrohim PD DMI dan PC DMI se Kabupaten Trenggalek yang digelar gedung Bhawarasa. Rabu (04/09).

Dalam acara yang mengambil tema `Masjid Sebagai Pusat untuk Menciptakan Keamanan dan Persatuan Bangsa` tersebut, AKBP Didit mengatakan, terdapat beberapa hal yang mengancam bangsa saat ini yakni, radikalisme/terorisme, Narkoba dan kejahatan IT.

“Jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan Distrus, Disobedience dan muaranya adalah Disintegrasi” Ujar AKBP Didit.

Lebih lanjut perwira menengah asal Surabaya ini menuturkan, selama ini jajaran Polres Trenggalek telah mengambil langkah-langkah pencegahan gangguan Kamtibmas melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk takmir dan remaja Masjid untuk menumbuhkan semangat persatuan dan kerukunan dalam berbangsa.

“Bersama pihak Kepolisian memberikan edukasi Kamtibmas dan menjaga kesatuan dan persatuan umat melalui gerakan memakmurkan Masjid” Ucapnya.

Senada, Dandim 0806 Letkol Dodik Novianto, S.Sos. mengatakan, agar masyarakat turut aktif menjaga negerasi muda dari pemikiran yang mengarah ke hal negatif. Pihaknya juga mengimbau agar segala informasi yang diterima harus benar benar di cermati khususnya hoaxs yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan RI.

Sedangkan Bupati Trenggalek H. M. Nur Arifin yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menekankan agar marwah dan fungsi Masjid dapat dimanfaatkan sebagai media pembinaan dan membawa kemasalahatan umat untuk bersama-sama menjaga NKRI.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Trenggalek H. M. Badrudin, Kasebangpol Drs.Widarsono, Kepala KUA dan Camat se Kabupaten Trenggalek, Ketua MUI, Pengurus DMI, Perwakilan takmir masjid, PD Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama Trenggalek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *