Lomba Polisi Cilik Polres Trenggalek, 14 Peleton Pocil Suguhkan Atraksi Terbaik

oleh

Polres Trenggalek – Sejumlah ratusan siswa SD berpakaian ala polisi memenuhi Hall Majapahit Hotel Hayam Wuruk Trenggalek. Pemandangan tak biasa ini terlihat sejak pukul 07.00 Wib. Puluhan kendaraan mini bus yang mengangkut para siswa memadati area parkir Hotel. Senin (16/7)

Selidik punya selidik, kehadiran para siswa tersebut dalam rangka mengikuti lomba polisi cilik alias Pocil Polres Trenggalek yang digelar dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-71 tahun 2018. Lomba itu sendiri dibuka langsung oleh Wakapolres Trenggalek Kompol Agung Setyono, S.S.

Hadir pula diantara tamu undangan antara lain, Plt. Sekda kabupaten Trenggalek Drs. Kusprigianto, Para Kabid Dinas Pendidikan, Kepala Unit Dikpora kecamatan, Kanit Binmas Polsek jajaran dan guru pendamping.

Menurut Kompol Agung, lomba Polisi Cilik merupakan wujud pemolisian maasyarakat sekaligus pembentukan karakter bagi generasi penerus bangsa. Selain itu, lomba Pocil ini dapat menanamkan didiplin dan kebiasaan kepada para pelajar terkait dasar-dasar peraturan lalulintas dan cara-cara bertingkah laku yang benar di jalan. Ia pun berharap dengan terbentuknya Pocil ditiap sekolah mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya yang melibatkan anak-anak dan pelajar.

“Angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak maupun pelajar masih cukup tinggi. Belum lagi kenakalan remaja yang cukup memprihatinkan. Melalui Pocil ini, Polres Trenggalek berupaya melindungi anak-anak dengan memberikan edukasi tentang didiplin dan karakter kebangsaan” Ucap Kompol Agung saat memberikan sambutan.

Dihubungi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K., selaku ketua pelaksana lomba menuturkan, lomba Pocil tersebut diikuti oleh 14 peserta. Masing-masing kecamatan mengirimkan satu perwakilan terbaik. Satu peleton terdiri dari 31 anak.

“Mekanismenya, Polsek melakukan seleksi dari sekian banyak SD di wilayahnya. Dari proses tersebut kemudian terjaring peleton terbaik yang kemudian mewakili masing-masing kecamatan.” Jelas AKP Ricky

“Indikator penilaian meliputi, kreativitas, kerapian, kekompakan, estetika dan tata cara baris-berbaris” imbuhnya

Lanjut AKP Ricky, pada dasarnya lomba Pocil ini merupakan agenda rutin tahunan Satlantas Polres Trenggalek yang digelar bersamaan dengan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-72. Bagi pemenang lomba Pocil ini akan berkesempatan mewakili Polres Trenggalek dalam lomba Pocil tingkat Polda Jatim.

“Tahun 2016 yang lalu kita pernah juara 1. Melihat semangat dan daya kreatifitas anak-anak, kita optimis mampu merebut juara kembali” Pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *