Jangan Terprovokasi Beredarnya Pesan Berantai Malalui Media Sosial

oleh

Polres Trenggalek – Munculnya isu yang bisa menyebabkan adanya pergerakan masa untuk melakukan aksi tertentu seperti kejadian malam kemarin di wilayah tetangga kabupaten yang hampir memicu bentrok antar perguruan pencak silat yang masing-masing memiliki masa yang banyak, dimungkinkan informasi dari media sosial yang beredar. Waspada diperlukan dalam menanggapi adanya informasi yang diterima, pastikan dari mana kabar yang disampaikan dan tanyakan kebenaran kepada orang yang mengerti, disampaikan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji,S.H.,M.H saat berada disimpang lima, Kasrepan, desa Jombok, itu pada Selasa ( 10/07).

 

Penyampaian Kapolsek Pule Polres Trenggalek disampaikan kepada salah satu tokoh perguruan pencak silat yang ada diwliayah Pule,” Jangan cepat menggerakan masa apabila kabar yang diterima belum jelas kebenaranya, itu juga bisa dimanfaatkan salah satu kelompok yang senang melihat adanya kejadian bentrok antar perguruan pencak silat, waspadalah,” katanya menjelaskan.

 

Penyebaran kabar yang belum benar bisa dinilai dengan Kabar Hoax, apakah anda tahu pengertian Hoax?. Yang jelas bisa dikatakan sebagai berita bohong yang dibuat secara sengaja, Pembuatnya tahu bahwa berita itu bohong dan bermaksud untuk menipu orang dengan beritanya.

 

Dari itu jangan menjadi korban sia-sia pemberitaan Hoax yang disebarkan orang tertentu yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain, membaca hoax dapat menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi individu atau kantor tempatnya berkerja. Hal ini terjadi berkat produktivitas yang menurun akibat efek mengejutkan kabar hoax.

 

Bagi perusahaan, kerugian minimal bisa mencapai Rp 10 juta per tahun, sementara individu bisa Rp 200 ribu per tahun. Semua ini bisa terjadi bila setiap pekerja menghabiskan waktu 10 detik saja per hari untuk membaca email atau pesan hoax. Bayangkan bila si hoax terus berlarut-larut dan dibahas dalam waktu lama, tentu kerugian semakin bertambah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *