Tahukah Anda Mengapa Kejahatan Itu Muncul ?

oleh

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Brigadir Yohan saat kegiatan sambang dengan perangkat desa melakukan shering permasalahan adanya kejadian kriminal yang muncul dan penyebab kemunculanya, dibalai desa Kembangan itu pada Senin ( 09/07). Dengan mengenali adanya faktor pendorong pelaku kejahatan melakukan aksinya, akan mengupayakan adanya permasalahan agar bisa diminimalisir berbagai pemangku kepentingan dalam memperhatikan masalah yang ada.

 

Sebelumnya menurut penyampaian Brigadir Yohan Bhabinkamtimas Polsek Pule Polres Trenggalek, pidana atau tindak kriminal segala sesuatu yang melanggar hukum atau sebuah tindak kejahatan. Pelaku kriminalitas disebut seorang kriminal. Biasanya yang dianggap kriminal adalah seorang pencuri, pembunuh, perampok, atau teroris. Walaupun begitu kategori terakhir, teroris, agak berbeda dari kriminal karena melakukan tindak kejahatannya berdasarkan motif politik atau paham.

 

Selama kesalahan seorang kriminal belum ditetapkan oleh seorang hakim, maka orang ini disebut seorang terdakwa. Sebab ini merupakan asas dasar sebuah negara hukum. seseorang tetap tidak bersalah sebelum kesalahannya terbukti. Pelaku tindak kriminal yang dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan harus menjalani hukuman disebut sebagai terpidana atau narapidana.

 

 

Dalam mendefinisikan kejahatan, ada beberapa pandangan mengenai perbuatan apakah yang dapat dikatakan sebagai kejahatan. Definisi kejahatan dalam pengertian yuridis tidak sama dengan pengertian kejahatan dalam kriminologi yang dipandang secara sosiologis.

 

 

Secara yuridis, kejahatan dapat didefinisikan sebagai suatu tindakan yang melanggar undang-undang atau ketentuan yang berlaku dan diakui secara legal. Secara kriminologi yang berbasis sosiologis kejahatan merupakan suatu pola tingkah laku yang merugikan masyarakat (dengan kata lain terdapat korban) dan suatu pola tingkah laku yang mendapatkan reaksi sosial dari masyarakat . Reaksi sosial tersebut dapat berupa reaksi formal, reaksi informal, dan reaksi non-formal.

 

Salah satu sebab adanya Kriminalitas terutama adanyaTingkat penganguran yang tinggi. Dikarenakan tingkat penganguran yang tinggi maka pendapatan pada suatu daerah sangat rendah dan tidak merata. Hal ini sangat memicu seseorang atau kelompok untuk melakukan jalan pintas dalam memenuhi kebutahannya dan mungkin dengan cara melakukan tindak kriminal dan kekerasan.

 

” Pengangguran karena kurang adanya lapangan pekerjaan itu yang harus diperhatikan semua stakeholder dalam meminimalisir timbulnya kejahatan kriminal,” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Brigadir Yohan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *