Wakili Kabupaten Trenggalek, Desa Tawing Ikuti Lomba Siskamling Tingkat Polda Jatim

oleh

Polres Trenggalek – Warga desa Tawing Kecamatan Munjungan patut berbangga. Bagaimana tidak, desa yang berada di pesisir ini mewakili kabupaten Trenggalek dalam lomba Siskamling yang di gelar oleh Polda Jawa Timur. Bagi yang terpilih, nantinya akan dikirim dalam lomba Siskamling tingkat Nasional mewakili Jawa Timur.

Tim penilai, dipimpin oleh Kasubdit Binpolmas Polda Jatim AKBP Drs. Broto Waluyo berkenan meninjau dan melihat langsung kondisi desa Tawing. Kehadiran pejabat Ditbinmas ini pun disambut hangat oleh Wakil Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin didampingi Wakapolres Trenggalek Kompol Agung Setyobo, S.S., Kasatbinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum., Muspika Munjungan, Kades se-Kecamatan Munjungan serta Tokoh agama dan masyarakat desa Tawing. Rabu (4/7)

Dalam sambutannya, AKBP Broto Waluyo menyatakan kebanggannya kepada masyarakat desa Tawing. Selain terkait Siskamling yang memang telah menjadi kearifan lokal setempat, Pihaknya juga melihat kekompakan dan kerukunan warga yang menurutnya sangat luar biasa.

Siskamling, kata AKBP Broto Waluyo sangat efektif menangkal dan mencegah kriminalitas jika diterapkan secara benar dan konsisten. Keberadaan Siskamling dimana salah satu komponennya adalah Poskamling bisa digunakan sebagai media silaturahmi serta mencegah faham radikalisme di tingkat desa.

“Tingkat keaktifan warga harus tetap terjaga, sehingga Poskamling bisa menciptakan rasa aman bagi warga” Ujar AKBP Broto

Sementara itu, Wakil Bupati Trenggalek mengaprensiasi Kepala desa dan masyarakat desa Tawing yang memiliki komitmen dan motivasi peduli terhadap keamanan lingkungan. Dengan berdirinya Poskamling yang cukup megah tersebut harus dibarengi dengan keaktifan dan sosialisasi khususnya terkait dengan kode kentongan.

”Agar masyarakat paham dan mengerti arti dari bunyi kentongan. Selain kentongan bisa juga dipasang alarm di tiap-tiap Poskamling” Ujar Wakil Bupati Nur Arifin

Ditemui terpisah, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono mengatakan, Berdasarkan penilaian langsung dari Tim Polda Jatim, pihaknya optimis desa Tawing akan mampu bersaing dengan kabupaten lain dan bisa mewakili Jatim di tingkat Nasional.

“Jika melihat kondisi dilapangan, kekompakan warga dan segala persiapannya, Saya optimis Desa Tawing bisa menang dan mewakili Jawa Timur” kata AKP Suyono bersemangat

Dalam acara tersebut, AKBP Broto Waluyo berkesempatan meresmikan sebuah Poskamling `Hasta Manunggal` yang bertempat didesa yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *