Bhabinkamtibmas Desa Jombok Ikuti Pertemuan Antar Peternak Ayam Potong Dengan Dinas Terkait

oleh

Polres Trenggalek – Pertemuan antara peternak ayam potong dengan instansi terkait dalam tujuan penyuluhan permasalahan limbah hasil ternak dilakukan kemarin di balai desa Jombok, Kamis ( 04/07 ). Salah satu personel Polsek Pule Polres Trenggalek yang mewakili Muspika Pule Bripka Sarwanto yang merupakan Bhabinkamtibmas desa setempat, karena timbulnya berbagai permasalahan yang menjadi kerawanan lingkungan. Diadakanya sosialisasi dari Dinas peternakan bidang produksi peternakan.

 

Dalam kegiatan yang menghadirkan unsur Muspika, unsur tiga pilar dan peternak ayam potong juga dihadri Ir.Heri yulianto dari dinas peternakan bidang produksi ternak. Dari bidang kesehatan ternak juga hadir Dr. Budi yang juga dihadirkan dalam nara Sumber kegiatan pertemuan antar peternak ayam potong dengan kepedulian terhadap lingkungan ternak.

 

” Permasalahan yang sering ditimbulkan dilingkungan dengan munculnya permasalahan Bau dari kandang ayam, dan juga limbah peternakan sering masyarakat dilingkungan resah untuk mengatasinya kita libatkan instansi terkait biar memberikan penjelasan, ” kata Bripka Sarwanto Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek.

 

Usaha peternakan merupakan usaha yang menghasilkan limbah organik yang dapat di olah kembali atau dapat terurai secara biologi, akan tetapi tetap saja menghasilkan polusi lingkungan di sekitar lingkungan peternakan tersebut. Tatalaksana pemeliharaan, perkandangan, dan penanganan limbah suatu usaha peternakan harus diperhatikan.

 

 

Sehingga usaha tersebut tidak hanya merupakan usaha produksi yang efisien tetapi juga merupakan usaha yang berwawasan lingkungan. Suatu kajian pustaka dilakukan untuk melihat jenis jenis limbah, dampaknya terhadap kesehatan dan lingkungan serta upaya pengelolaan dan pemantauan yang dapat dilakukan dari suatu usaha peternakan ayam. Dampak negatif yang ditimbulkan usaha peternakan ayam terutama berasal dari kotoran ayam yang dapat menimbulkan gas yang berbau.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *