Bhabinkamtibmas Desa Buluagung Hadiri Kegiatan Lomba BPD Tingkat Kabupaten Trenggalek

oleh

Polres Trenggalek – Brigadir Siswanto,SH. Selaku Bhabinkamtibmas Desa Buluagung Kecamatan Karangan menghadiri kegiatan lomba BPD ( Badan Permusyawaratan Desa) yang dilaksanakan di balai Desa Buluagung bersama unsur Muspika. Kegiatan perlombaan dengan tim penilai dari Kabupaten Trenggalek, Senin (02/07).

Sebelum kegiatan dimulai , seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan ketua Team penilai dari Kabupaten Trenggalek.Bpk Ardin.T.H.Nadeak AP.MM.”Kabid Pemdes”.Menjelaskan penilaian lomba dilaksanakan secara Obyektif oleh team dari Kabupaten Trenggalek, dan diaharapkan dengan adanya kegiatan lomba dapat meningkatkan kinerja BPD Desa Buluagung.

Pengertian Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya desa Dan BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia.

Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. Anggota BPD terdiri dari Ketua Rukun Warga, pemangku adat, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya.

Pimpinan dan Anggota BPD tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai Kepala Desa dan Perangkat Desa.BPD berfungsi menetapkan peraturan desa bersama unsur pemerintah desa , menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Brigadir Siswanto Mengutip Kata.”Angudi Karsa Murih Luhureng Deso” Yang berarti,”Bekerja utk kemajuan Desa.ini yang perlu di perhatikan seluruh BPD.Penilaian kegiatan lomba BPD telah dilaksanakan dari Tim Kabupaten Trenggalek.serta mengundang unsur Muspika Karangan termasuk dari Polsek Karangan Polres Trenggalek, ”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *