Jaga Kerukunan Pasca Pilkada Jatim Antar Warga

oleh

Polres Trenggalek – ” Jangan sampai adanya Pilkada di Jawa Timur khususnya di wilayah Pule akan membuat terkotak-kotaknya kerukunan antat warga karena adanya perbedaan calon dukungan yang dipilih kemarin,” Kata Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji,S.H.,M.H saat melakukan ibadah Jum’at di masjid Al Amin, desa Pule setelah kegiatan yang dilakukan itu pada Jum’at ( 29/06 ).

 

 

Kerukunan antar umat beragama terlebih dalam pasca Pilkada dan pesta demokrasi yang telah digelar . Tentunya akan banyak hembusan pihak -pihak tertentu yang inginya memecah persatuan bangsa dengan isu-isu Hoax yang sudah terlihat sekarang ini.

” Berita palsu atau yang sering disebut hoax menjadi masalah utama di berbagai belahan dunia. Masalah ini sudah sangat mengkhawatirkan di Indonesia karena isu politik dan SARA paling sering diangkat jadi materi untuk konten hoax, yang bisa menimbulkan permasalahan dan perpecahan antar warga, ” kata KaPolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji.

hoax dan narasi kekerasan itu sulit dihindari di tengah booming disosial media (sosmed) dan teknologi informasi.Karena itu,  semua pihak harus benar-benar memiliki pengetahuan sebagai benteng untuk memberantas hoax dan narasi kekerasan tersebut.

“Langkah – langkah dalam mengantisipasi dan memberantas hox itu sebetulnya mudah, cukup kita melakukan cek dan cek ulang terhadap setiap informasi yang janggal atau memiliki citra negatif. Bila hal ini terbiasa kita lakukan, hoax otomatis bisa kita diatasi, “lanjut Kata KaPolsek Pule Polres Trenggalek.

Begitu juga dengan narasi kekerasan, untuk meredamnya masyarakat harus mampu menahan diri dari pengaruh buruk media massa dan medsos. Setiap individu pemilik akun media sosial dituntut dewasa dalam mengelola pesan yang diterima maupun yang hendak disebarkan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *