Mari Peduli Keamanan Lingkungan dan Kembalikan Budaya Wajib Lapor 1×24 Jam

oleh

Polres Trenggalek – Patroli Polsek Kampak Polres Trenggalek yang dipimpin Aiptu Sumani melakukan patroli dan sambang dengan para tukang ojek yang berada di perempatan pasar Kampak dan menghimbau agar waspadai orang asing dan tamu 1×24 jam harus melaporkan diri ke RT setempat. Sabtu (23/06/2018).

Aiptu Sumani anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek  menyampaikan maksud dan tujuan revitalisasi himbauan Kamtibmas kepada RT/RW terkait wajib lapor tamu 1×24 jam. Menurutnya, revitalisasi wajib lapor kembali digencarkan karena seiring perkembangan jaman, budaya wajib lapor perlahan-lahan tidak diterapkan sebagaimana mestinya oleh sebagian besar masyarakat kepada RT/RW. Akibatnya, tingkat kejahatan meningkat dan sulit untuk dideteksi sejak dini. Bahkan saat ini tingkat kepeduliaan masyarakat untuk melaporkan (individualisme) sangat memprihatinkan. Kesenjangan sosial yang menyebabkan rentang jarak interaksi antar warga, menurunnya rasa toleransi, rendahnya kesadaran hukum dari masyarakat dan masyarakat enggan berurusan dengan kepentingan orang lain, sehingga dari sifat sifat tersebut para pelaku tindak kejahatan dan terror sering dengan leluasa melakukan aksinya.

“Agar sosok RT/RW dapat mengetahui tindakan atau pergerakan individu yang mencurigakan serta dapat memecah kerukunan warganya. Ketika ada warga yang tidak wajib lapor, warga yang terdeteksi aneh dan lain sebagainya, peran RT/RW diminta untuk segera melapor kepada polsek.” Ujar anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sumani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *