Tingkatkan Patroli Himbau Warga Untuk Tidak Terbangkan Balon Udara

oleh

Polres Trenggalek – Setelah berlangsungnya hari raya idhul fitri, tepatnya pada saat berlangsungnya Syawalan sudah menjadi tradisi warga masyarakat diwilayah hukum Polres Trenggalek untuk menerbangkan balon udara, namun sejatinya balon udara pada dasarnya bisa menganggu dunia penerbangan serta bisa menyebabkan terjadinya kebakaran ataupun bisa menganggu aliran arus listrik.

Atas dasar hal tersebut, jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek pada hari ini, Kamis (21/06) melakukan patroli sekaligus bersilaturahmi dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, takmir masjid serta para remaja untuk adakan himbauan supaya tidak membuat balon udara dan menerbangkannya utamanya pada saat perayaan syawalan.

Saat dialogis dan tatap muka dengan takmir masjid dan warga, Ps Kanit Bimas Polsek Suruh Polres Trenggalek Aiptu Sukono menjelaskan bahwa balon Udara yang terlihat berterbangan sejatinya menyimpan bahaya yang cukup riskan bagi dunia penerbangan, dan seperti yang kita ketahui bahwa bahan balon udara tersebut terbuat dari plastik yang merupakan material serta mudah terbakar, api yang tercipta tidak serta merta mudah padam namun berubah menjadi gumpalan padat tak ubahnya seperti lilin dan hal tersebut dapat menimbulkan terjadinya suatu kebakaran.

“Dengan adanya dampak negatif dari balon udara kami menghimbau kepada seluruh warga untuk dapatnya tidak membuat atau menerbangkan balon udara demi keselamatan bersama,” kata Aiptu Sukono.

Sementara itu Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH saat dikonfirmasi ditempat terpisah mengatakan bahwa, tradisi dari menerbangkan balon udara tersebut sangat berbahaya dan dapat menimbulkan terjadinya kerusakan ataupun kerugian dari warga masyarakat.

“Balon udara akan bisa nenimbulkan terjadinya kebakaran apabila jatuh di pemukiman padat penduduk, jaringan listrik atau jatuh di hutan saat musim kemarau seperti saat ini,” kata AKP H Yasir.

Ia juga menjelasjan bahwa bahaya lainnya yang bisa ditimbulkan oleh adanya balon udara yaitu bisa mengganggu arus lalu lintas penerbangan pesawat, di langit kondisi dan posisi balon tidak dapat dikontrol sehingga seringkali angin menyebabkan balon terbawa terbang ke segala arah dan penjuru dengan posisi kain obor masih menyala, tentunya sangat membayakan sekali, untuk itu kami dari Polsek Suruh Polres Trenggalek sudah memerintahkan kepada seluruh anggota untuk melaksanakan patroli dalam rangka menciptakan Kamtibmas yang aman serta menghimbau kepada warga agar tidak menerbangkan balon udara, kegiatan pencegahan tersebut demi keamanan dan keselamatan masyarakat sendiri.

“Kami juga telah mengintrusikan kepada para Bhabinkamtibmas di jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek untuk memberikan himbauan dan penyuluhan ke warga desa binaanya terkait larangan petasan dan larangan menerbangkan balon udara,” imbau AKP H Yasir.

“Kami kedepankan upaya preemtif dan preventif, sudah saya sampaikan ke para Bhabinkamtibmas untuk mensosialisaikan dan menghimbau kepada Masyarakat tentang larangan membunyikan petasan dan menerbangkan balon udara, apabila masih di temukan pastinya akan kami tindak tegas,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *