Kapolsek Durenan Pimpin Rapat Kordinasi Untuk Mengamankan Lebaran Ketupat Diwilayah Durenan

oleh

Polres Trenggalek – Kapolsek Durenan Polres Trenggaklek AKP Moch Solichin,S.H. pimpin rapat kordinasi tentang pengamanan lebaran ketupat, yang mana lebaran ketupat sendiri merupakan tradisi warga masyarakat Durenan.

Lebaran ketupat, menurut masyarakat muslim Jawa umumnya membuat ketupat. Ketupat adalah jenis makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa (janur) yang dibuat berbentuk kantong yang kemudian dimasak dalam waktu lama. Setelah masak, ketupat tersebut diantarkan ke kerabat terdekat dan kepada mereka yang lebih tua, sebagai simbol kebersamaan dan lambang kasih sayang.

Ketupat menjadi simbol  maaf bagi masyarakat Jawa, yaitu ketika seseorang berkunjung ke rumah kerabatnya, mereka akan disuguhkan ketupat dan diminta untuk memakannya. Apabila ketupat tersebut dimakan, secara otomatis pintu maaf telah dibuka dan segala salah serta khilaf antar keduanya terhapus. “ Untuk sebab itu kemeriahan atau pun keramaian akan mengiringi kegitan tersebut ,khususnya warga masyarakat Durenan yang melaksanakan lebaran kupatan” terang Kapolsek Durenan.

“Kami akan berikan pelayan terbaik kepada warga masyarakat Durenan yang akan melaksanakan lebaran kupatan dan kami berikan pengamanan agar warga masyarakat yang melaksanakan lebaran kupatan dapat berjalan aman, lancar dan kondusif,”imbuh AKP Moch Solichin,S.H.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *