Lomba Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek, Ajang Adu Kreativitas Polisi Desa

oleh

Polres Trenggalek – Memperingati hari Bhayangkara ke-72 yang jatuh tepat tanggal 1 Juli 2018 nanti, Polres Trenggalek menggelar lomba Bhabinkamtibmas. Lomba ini di ikuti oleh 14 orang Bhabinkamtibmas perwakilan dari seluruh Polsek jajaran ditambah Bhabinkamtibmas kota Trenggalek. Selasa (12/06)

Dihadapan Tim penilai, masing-masing peserta menjelaskan kinerjanya sebagai Bhabinkamtibmas serta memaparkan berbagai program unggulan yang telah dilakukan sehingga mampu memberikan kontribusi positif dalam pembangunan desa.

Para peserta tampil layaknya marketing perusahaan. Mereka berdiri didepan dewan juri yang terdiri dari pejabat utama Polres Trenggalek. Dibantu dengan layar LCD proyektor, para peserta tampil dengan begitu percaya diri untuk meyakinkan Tim penilai bahwa mereka layak menyandang sebagai Bhabinkamtibmas terbaik.

Dalam sambutannya saat membuka lomba tersebut, Kapolres trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. mengatakan, Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak dari Kepolisian. Tugas Bhabinkamtibmas tidaklah mudah. Seorang diri Ia harus mampu berperan sebagai motivator, dinamisator sekaligus stabilisator Kamtibmas di tingkat desa.

“Seperti yang sering saya sampaikan, Bhabinkamtibmas adalah miniatur Polri di tingkat desa. Implimentasikan semua wawasan dan pengetahuan Anda untuk menjaga Kamtibmas kondusif di tingkat desa. Tingkatkan sinergitas 3 pilar dalam menyelesaikan setiap masalah yang muncul di desa” ucap AKBP Didit

Terkait dengan lomba tersebut, AKBP Didit menambahkan, Lomba Bhabinkamtibmas sengaja di gelar sebagai ruang bertukar pengalaman, inspirasi serta ajang kreatifitas  bagi seluruh jajaran Bhabinkamtibmas. Dari lomba ini akan dilihat seberapa jauh para Bhabinkamtibmas berinovasi dan berperan aktif dalam menjaga Kamtibmas di desa binaan.

“Jadikan lomba ini sebagai media silaturahmi dan saling berbagi pengalaman. Bagi yang memiliki inovasi bagus silahkan di ATM, Amati, Tiru, Modifikasi sesuai dengan kearifak lokal desa binaan masing-masing.” Imbuhnya

Sementara itu, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum. selaku ketua pelaksana menuturkan, ada 6 indikator yang dinilai dalam lomba ini antara lain, komunikasi, inovasi, deteksi dini, problem solving, sikap tampang dan performance serta ketaatan administrasi.

“Tim penilai kita ambilkan dari fungsi sesuai dengan kompetensi. Komunikasi oleh Kabagsumda Kompol Siti Munawaroh, Saya sebagai juri inovasi, Kaurbinops Intelkam Iptu wayan sebagai penilai deteksi dini, Kasiwas Iptu Andi bidang problem solving, sikap tampang oleh Kasiwas Iptu Kasmari dan administrasi oleh Kaurmintu Satbinmas Aipda Ali.” Jelas AKP Suyono.

Selain mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah dari Kapolres, lanjut AKP Suyono, Bhabinkamtibmas terbaik akan di berikan kesempatan untuk bersaing dalam lomba yang sama di tingkat Polda Jatim.

“Bagi pemenang nantinya akan diorbitkan mewakili Polres Trenggalek ikut lomba Bhabikmatibmas di tingkat Polda” Pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *