Hati – Hati Dalam Bertransaksi di ATM Upayakan PIN Terjaga

oleh

Polres Trenggalek – Ucapan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani kepada Massage Bank yang antri akan mengambil uang di ATM BRI Unit Pule, itu pada Kamis Sore ( 07/06 ). Saat itu nasabah banyak yang menunggu dimesin ATM karena adanya trobel mesin, sehingga perlu adanya menunggu adanya signyal yang menyebabkan antrian. Adanya berkumpulnya masyarakat di mesin ATM dimanfaatkan untuk mengingatkan kewaspadaan dalam bertransaksi melalui ATM.

 

 

“Hati -hati saat mengambil uang dari ATM upayakan Pin yang dimasukan tidak termonitor alat yang dipakai pembobol ATM untuk menguras saldo korbanya, “ kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani dalam pelaksanaan patroli dialogis di Unit BRI Pule dengan warga saat akan mengambil uang di mesin ATM.

Lebih lanjut kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani pada saat melakukan transaksi pengambilan uang di ATM selalu menutup PIN pad dengan tangan ketika memasukan nomor PIN. Hal ini untuk pengamanan agar PIN tidak termonitor walaupun sudah adanya PIN pad cover yang menutupinya.

Biasanya pelaku kejahatan dengan modus pembobolan uang nasabah Bank, mereka melakukan kegiatanya dengan sebelumnya memasang kamera pencuri PIN. Alat jenis ini berukuran sangat Kecil dengan kisaran diameter 0,5 – 1 cm yang diletakan disekitar PIN pad cover atau disamarkan pada benda -benda seperti lampu ruangan, speaker dan bagian atas monitor untuk merekam PIN yang dimasukan saat transaksi.

” Kita harapkan tidak adanya korban lagi nasabah Bank yang mengambil uangnya di ATM, melalui kewaspadaan dan kehati -hatian saat mengambil uang sudah merupakan upaya mencegah pelaku kriminal dari diri nasabah, ” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *